Hankam

Hankam

RITUAL KITAB PENINGGALAN SYEKH MAULANA MAGHRIBI


Radardesa.com-Tegal. Kabupaten Tegal salah satu kabupaten yang berada di wilayah Jawa Tengah,dengan di pimpin seorang Bupati ( H.Enthus Susmono) yang juga Ki Dalang kondang,,masyarakat kabupaten Tegal yakin kabupaten Tegal akan semakin berkembang di bawah kepemimpinan Beliau ( H.Enthus Susmono),Selain itu masyarakat kabupaten Dan kota Tegal merupakan masyarakat yang fanatik agama Islam,Hal ini di tandai dengan banyak nya Pondok Pesantren,serta petilasan dan makam para leluhur yang membawa ajaran islam pada zaman dahulu.
Desa Danaraja adalah salah satu desa yang terletak di kecamatan Margasari yang terletak di sebalah selatan sekitar 30 km dari kabupaten Tegal,Desa Danaraja sebuah desa yang asri ,hamparan sawah dan hutan serta bukit indah nampak jika kita berkunjung ke wilayah tersebut,Desa Danaraja termasuk desa Tertua di wilayah kabupaten Tegal,hal ini di buktikan dengan adanya Petilasan Syekh Maulana Maghribi,selain itu pula benda pusaka peninggalan beliau (Syekh Maulana Maghribi) serta Kitab Rambang  serta masjid tertua (Nurul Iman) tetap terjaga dan terpelihara dengan baik.
Minggu 5/10/2014 bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1435 H.diadakan acara pensucian benda pusaka dan sekaligus pembacaan kitab Rambang,berbagai ritual guna melancarkan kegiatan itupun di laksanakan masyarakat setempat.
Slamet Riyadi selaku sekretaris desa (SekDes) Desa Danaraja saat di konfirmasi wartawan MCB 5/10/2014 menerangkan, "acara tersebut sudah berlangsung sejak dahulu,nantinya benda pusaka seperti Kitab Rambang,Piring Panjang Dll di arak menuju Masjid Nurul Iman (masjid tertua dan di bangun oleh Syekh Maulana Maghribi),serta nanti akan di iringi dengan tembang yang dibawakan oleh para sepuh desa dengan nama Mbrayen.masyarakat percaya makna kitab rambang akan berubah sesuai dengan kehidupan yang akan datang" . Antunsias masyarakat pun masih tinggi mereka datang tak hanya dari wilayah Desa tersebut melainkan juga dari wilayah lainyang memang sengaja datang untuk menyaksikan prosesi pensucian dan pembacaan makna kitab Rambang.
Konon menurut masyarakat setempat wilayah tersebut tak hanya peninggalan Syekh Maulana Maghribi tetapi peninggalan jaman mataram ada di wilayah tersebut seperti arca Jaran Dawuk,yang terletak persis di atas bukit Desa Danaraja.
"Sengaja kami mengundang pejabat daerah dari mulai Kades,Camat,Kepala Dikpora hingga Bupati untuk menhadiri acara tersebut tetapi mungkin karena kesibukan beliau beliau semua tidak ada yang hadir,dan saya memaklumi,saya selaku kepala desa serta masyarakat Danaraja berharap desa kami lebih diperhatikan khususnya situs situs budaya yang ada di sini",Jelas Kepala Desa (Sudarto)
Menjaga dan memelihara serta menjalankan amalan baik yang di berikan se yogya nya patut kita laksanakan terlebih lagi dalam berkehidupan bermasyarakat, ke tagwaan dan ke imanan diperkuat,sehingga tidak mudah terjerumaus ke hal hal yang negatif.( keterangan Fhoto,pembukaan  kitab Rambang saat akan dimulai upacara (***)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "RITUAL KITAB PENINGGALAN SYEKH MAULANA MAGHRIBI"

  1. Kitab rambang ajaran murni agama islam yg di bawa oleh syekh maulana maghribi..mengajarkan masyarakat Danaraja terhidar dari kemusyrikan baik yg tersamar maupun yg terang terangan..
    Maka makna dan tujuannya agar masyarakat mengenal agama mengenal Alloh SWT.maka awali dengan mengenal dirinya..
    Semoga menjadi petunjuk jalan yg lebih lurus jalan yg diridhoi Alloh SWT..
    Aamiin..

    BalasHapus