Hankam

Hankam

Lima Kecamatan Di Kabupaten Tegal Mendapat "Musrenbang Award 2015"

Radardesa-Slawi, Siang itu, Selasa (31/3), Pendopo Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, tampak tidak seperti biasa. Sisi barat pendopo, berdiri  stand-stand dari SKPD (Satuan Kerja Pemerintah Daerah) di lingkup Pemda Kabupaten Tegal. Tempat parkir Pemda pun terlihat penuh motor dan mobil para tamu Pemda.Hari itu, memang Pemda Kabupaten Tegal tengah punya hajat yakni Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2015. Musyawarah tahunan tersebut diikuti oleh kepala SKPD di lingkungan Kabupaten Tegal, Bappeda Propinsi, Camat, Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa, dan undangan lainnya.

Sekitar pukul 10.00 WIB, Musrenbang 2015 dibuka oleh Bupati Tegal Enthus Susmono, dalam kesempatan itu, ia mengatakan, semua rencana pembangunan di Kabupaten Tegal harus sinkron dengan visi Kabupaten Tegal, yakni "Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Tegal yang Mandiri,Unggul, Berbudaya, Religius, dan Sejahtera "

Selaras dengan visi Kabupaten Tegal, musyawarah rencana pembangunan 2015  kali ini mengambil tema " Peningkatan Kualitas Sarana Prasarana Daerah dan Perdesaan Mendukung Penguatan Jatidiri Masyarakat Kabupaten Tegal yang Mandiri,Unggul,Berbudaya, Religius dan Sejahtera "

Ketua Panitia Pelaksana  Musrenbang, Bagas Prakoso, dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan musrenbang Kabupaten Tegal tahun 2015 merupakan bagian dari tahapan proses penyusunan dokumen penencanaan tahunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Tegal tahun 2016.
Menurutnya, hal ini merupakan penjabaran tahun kedua dari Rencana Pembanguanan Jangka Mengengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tegal tahun 2014-2019. Penyusunannya dengan memperhatikan aspirasi pemangku kepentingan pembangunan yang dilakukan secara berjenjang dari musrenbang desa, musrenbang kecamatan, dan musrenbang kabupaten.

Dalam pelaksanaan musrenbang kali ini, Panitia mengaku ada nuansa berbeda dari musrenbang sebelumnya.  Atas instruksi bupati,kata Bagas dalam sambutannya, pelaksanaan musrenbang tahun 2015 dibarengkan dengan Amanatul Bilad,yaitu berupa penyajian program kerja dari SKPD se-Kabupaten Tegal secara terbuka kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tegal. Harapannya, agar masyarakat dapat mengetahui secara langsung program kerja yang akan dilaksanakan setiap SKPD.

Dalam Kesempatan itu, disampaikan juga sebuah penghargaan "Musrenbang Award 2015" kepada  lima kecamatan yang dalam pelaksanaan musrenbang tingkat kecamatan dinilai bagus dan memenuhi syarat penilaian. Syarat tersebut seperti pelaksanaannya tepat waktu dan sesuai petunjuk pelaksanaan, serta adanya unsur kreatif dan inovatif dalam pelaksanaan musrenbang kecamatan.

Kelima kecamatan yang memperoleh penghargaan tersebut adalah Kecamatan Bojong, Kecamatan Slawi, Kecamatan Jatinegara, Kecamatan Dukuhwaru, dan Kecamatan Adiwerna. Atas prestasinya itu, Pemda Kabupaten Tegal memberikan dana senilai Rp. 100.000.000 tiap kecamatan penerima award.(Darojat)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lima Kecamatan Di Kabupaten Tegal Mendapat "Musrenbang Award 2015""

Posting Komentar