Hankam

Hankam

Warga Desa Luragunglandeuh Sambut Positif Rencana Penambangan Pasir

 

 

photo

Foto: document Pemdes Luragunglandeuh
Radardesa-Kuningan, Warga Desa Luragunglandeuh Kabupaten Kuningan menyambut positif rencana penambangan pasir (galian C) di wilayahnya. Sebagian besar diantara mereka berpendapat, pencanangan kegiatan usaha tersebut akan memberikan dampak baik bagi peningkatan ekonomi masyarakat.
Demikian disampaikan Kepala Desa setempat, Uga Nugraha saat ditemui radardesa di ruangan kerjanya pada Jumat (13/11) lalu. Menurutnya, area wilayah yang akan dijadikan titik lokasi, saat ini merupakan lahan tidak produktif (lahan tidur).”Khususnya bagi para pemilik lahan rencana ini akan mendatangkan manfaat baik jangka pendek maupun jangka panjang,”ucapnya.
Dia menjelaskan, manfaat jangka pendek secara langsung akan dirasakan para pemilik lahan ini dari nilai pendapatan yang diterima. Selama ini lanjut Uga, lahan tidur yang dimiliki warganya itu kurang mendatangkan hasil apa-apa.”Pembelian kandungan lahan yang dilakukan pihak pengusaha penambangan tentu menjadi keuntungan langsung diterima para pemilik lahan,”terangnya.
Ditegaskannya, untuk manfaat jangka panjang ke depan, pihak pemilik lahan akan merasakan tanah yang selama ini kurang berhasil guna pada waktu mendatang menjadi area lahan produktif yang dapat dimanfaatkan lebih baik dari saat ini.”Kegiatan reklamasi sesudah operasional penambangan pasir selesai diharapkan dapat membuka peluang baru agar produksi pertanian maupun perkebunan pada titik area itu menjadi meningkat,”tandasnya lagi.
Sementara itu, salah seorang anggota BPD Desa Luragunglandeuh, Ading Sugandi berpendapat seluruh tahapan yang akan dilakukan pihak pengelola penambangan harus disosialisasikan secara jelas kepada pemerintah desa maupun masyarakat setempat. Menurutnya, pemaparan dari pihak pengusaha maupun pengelola dinilai sangat perlu untuk disampaikan kepada pihaknya.”Kami berharap ekspos dapat segera dilakukan pihak pengusaha agar program kegiatan ini dapat dikonsumsi secara jelas baik oleh masyarakat maupun pemerintah desa,”kata Mantan Anggota DPRD Kabupaten Kuningan tersebut.
Dia mengakui masyarakat serta pemerintahan desanya tidak tertutup terhadap sebuah perubahan. Artinya, rencana apapun yang berpotensi mendatangkan manfaat bagi kepentingan umum dapat diterima dengan baik. Dalam hal ini Ading melihat, akan ada peluang penyerapan tenaga kerja bagi masyarakat Luragunglandeuh khususnya ketika kegiatan ini beroperasi.”Manfaat positif akan dirasakan langsung bagi siapapun yang bisa ikut bekerja nanti,”tandasnya.
Selain itu Dia menegaskan, pada saat para pemilik lahan sudah menyetujui dan bersedia kandungan tanah miliknya dimanfaatkan untuk penambangan tersebut, tentu saja dirinya mengikuti dan tidak merasa keberatan sepanjang tidak ada pihak yang dirugikan.”Kami tinggal mempertimbangkan hal-hal lain sebagai bahan masukan kepada pengusaha,”terangnya.
Terpisah, tokoh masyarakat setempat Moh.Arifin menyuarakan pendapatnya, kegiatan penambangan pasir diharapkan dapat memperhatikan beberapa hal prinsip. Pertama, sejauh mana kedepan sesudah penambangan ini berakhir tanggungjawab pengusaha melakukan reklamasi lahan.”Pengalaman dibeberapa tempat perlu dijadikan catatan, sesudah operasional kegiatan usaha ini selesai sejumlah oknum pengusaha tidak memenuhi kewajibannya,”kritik pria yang biasa disapa Kang Iping ini.
Mantan sekretaris desa ini juga mengingatkan, pengusaha perlu memperhatikan tingkat kemiringan pengerukan serta kedalaman galian. Dia tidak setuju jika dampak dari pengerukan kandungan tanah akan menimbulkan potensi tingginya tingkat erosi.”Hal ini jika terjadi akan merugikan tanah milik tetangga dilingkungan titik galian,”ungkapnya.
Namun demikian secara pribadi Dia juga menyetujui adanya rencana penambangan tersebut. Hanya saja Iping menginginkan tanggungjawab serta konsekuensi dari pengusaha dimaksud memberikan rasa aman dan nyaman bagi warganya.”Kami masyarakat Luragunglandeuh akan memberi support kegiatan ini berjalan lancar sepanjang pihak pengusaha maupun pengelola memperhatikan rambu-rambu yang ada,"pungkasnya.
Sementara itu  Camat Luragung, Beni Prihayatno melalui Sekretaris Kecamatan setempat Jaja Sutarja ketika dikonfirmasi radardesa di ruangan kerjanya  Senin (23/11) membenarkan jika pihaknya sudah mengetahui rencana dibukanya penambangan pasir di Desa Luragunglandeuh. Dia mengatakan, sepanjang seluruh tahapan dilalui secara benar dan proporsional tentu saja pihaknya merespon tujuan tersebut.”Secara normatif kami melakukan apa yang memang menjadi area kewenangan serta tugas selaku pemerintah kecamatan,”terangnya.
Ditambahkannya, salah satu maksud yang pernah diungkapkan perwakilan pihak pengusaha melalui Pemerintah Desa Luragunglandeuh, pembukaan lahan untuk penambangan pasir merupakan langkah yang memiliki orientasi meningkatkan produktifitas lahan pada area itu pada masa mendatang.”Selain itu kandungan pasir yang akan dikupas juga dibutuhkan bagi kepentingan salah satu program nasional berupa pembangunan ‘Waduk Kuningan’ di Kecamatan Cibeureum yang perlu kita sukseskan,”pungkasnya. * nacep suryaman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Warga Desa Luragunglandeuh Sambut Positif Rencana Penambangan Pasir"

Posting Komentar