Hankam

Hankam

PELATIHAN KOMPUTER & INTERNET BAGI PERANGKAT DESA

Radardesa.com-AdiweDSC04752rna - Perkembangan teknologi dunia saat ini amatlah pesat oleh karena di era global ini dituntut persaingan dan kualifikasi ketrampilan tertentu agar dapat menyesuaikan dengan kemajuan teknologi itu sendiri. Salah satu bekal ketrampilan yang tidak kalah adalah penguasaan komputer bagi para perangkat desa walaupun mereka sibuk dengan pemberian pelayanan masyarakat tetapi harus disikapi dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat karena saat ini dituntut pelayanan cepat, mudah tidak berbelit-belit dan adanya kepastian, hal inilah yang mendorong diadakannya pelatihan komputer bagi perangkat desa. Kenyataan lain di desa bahwa berbagai program dan kegiatan masuk ke desa namun dari sisi administrasi mereka belum semua memiliki kemampuan yang memadai diamana dituntut mampu bekerja on time sepanjang waktu dan penguasaan teknologi menjadi opsi pilihan untuk mempermudah penyelesaian tugas-tugas di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.



Sejak diundangkannya Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan PP 72 Tahun 2005 tentang Desa saat ini amatlah mendesak untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas para pelayanan masyarakat di tingkat desa. Menyikapi hal tersebut Kepala Desa Tembok Banjaran Mustamid,S.Ag menyelenggarakan Pelatihan komputer bagi para perangkat Desa Tembok Banjaran yang diadakan pada  Hari Selasa, 5 Januari 2016 kegiatan tersebut diadakan di ruang pertemuan balai desa yang diikuti oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Seluruh Perangat desa, sedangkan materi yang diajarkan dan dilatih adalah pengenalan umum komputer, program windows, mic   rosoft word , excel dan power point sekaligus praktek pembuatan surat menyurat, laporan keuangan juga program presentasi.



“ Pelatihan ini juga dengan mengenalkan browser (Aplikasi Internet) yang digunakan untuk membuka website dan dilanjutkan cara browsing di internet, menuliskan alamat webnya, kemudian dimana menuliskan apa yang ingin dicari, cara kembali ke halaman yang sebelumnya, pindah dari artikel ke gambar, dan cara menyimpannya ” ujar Iqbal Kismoro selaku tutor dalam pelatihan tersebut.
Setelah selesai materi browsing dilanjut ke materi membuat email. Pada materi membuat email ini peserta diajarkan bagaimana langkah dari awal sampai akhir, bagaimana cara penggunaannya, cara mengirim pesan ke teman atau ke instasi. Dan menjelaskan fungsi dan keuntungan menggunakan email sekaligus juga pembuatan blog sebagai wadah informasi desa.
“ Dengan diadakan pelatihan peningkatan kerja bagi perangkat desa ini diharapkan akan lebih memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat desa agar lebih baik dan lebih akurat sehingga wargapun merasa sangat terbantu demikian pula bagi perangkat merasa terbantu dengan penguasaan dibidang IT komputer dalam mengerjakan administrasi desa lebih cepat dan akurat “ ujar Ida Fitriyah kasie Pembangunan Desa Tembok Banjaran kepada radardesa.


 


DSC04761EDITDSC04760DSC04759

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PELATIHAN KOMPUTER & INTERNET BAGI PERANGKAT DESA"

Posting Komentar