Musawerna adakan " Moci Bareng Wartawan " - RADARDESA

Selasa, 09 Februari 2016

Musawerna adakan " Moci Bareng Wartawan "

12670046_1154130161266133_5177019032743721203_nRadardesa – Adiwerna, Hari Pers Nasional, kalau menilik dari sejarah itu Sejak dikeluarkannya Keputusan Presiden RI Nomor 5 Tahun 1985 yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985, tanggal 9 Februari resmi diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Tanggal yang sama ini juga merupakan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (HUT PWI) yang dirayakan sejak tahun 1946.
Makna dari peringatan Hari Pers Nasional adalah tentang peran dan keberadaan pers sebagai salah satu pilar demokrasi. Karena memang sejak dari dulu semangat para jurnalis dalam membela dan membangun Negara dan Bangsa Indonesia sangatlah meenjadi tujuan yang besar dan utama.
Tidak banyak mungkin kalangan diluar media dan Insan Pers yang secara sengaja membuat sebuah kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional namun beda dengan SMP Muhammadiyah Adiwerna – yang ada di jalan raya Banjaran Kabupaten Tegal ( MUSAWERNA ) yang mencoba memberikan sentuhan bagi para siswanya untuk mau berbagi dan menyerap keilmuan Jurnalistik, yang dikemas secara santai namun sarat akan makna “ Moci Bareng Wartawan “ sebagai wujud Memperingati Hari Pers Nasional dengan mengundang Insan – Insan Pers untuk bisa berbagi pengalaman dan ilmu jurnalistiknya bagi para siswa dan siswi SMP Muhammadiyah Adiwerna yang diadakan pada hari Senin, 8 Pebruari 2016.
Hadir pada kesempatan itu Ella wartawan Radar Tegal, Hendra Apriadi redaksiTabloid Cermin PWM Jawa Tengah, Iqbal Kismoro Redaksi media online www.radardesa.com, serta arif seorang penulis lepas.
Menurut Fikri Yazid, S.Pdi , selaku panitia “ Kegiatan ini rutin di adakan karena sudah diprogramkan oleh sekolah dan merupakan ajang silaturahim antara Sekolah dengan Media massa . sekaligus memotifasi pada siswa dibidang kepenulisan, Alhamdulillah dengan kegiatan ini siswa menjadi termotifasi dan harapan saya semoga para siswa ada yang bisa berkarya dan menhasilkan sebuah karya di bidang jurnalistik. “ Ungkapnya.
Sementara itu Iqbal Kismoro dari media online www.radardesa.com di pemaparanya menyampaikan bahwa Media massa sekarang berkembang sangat cepat dan terus berinovasi sesuai dengan tuntutan zaman baik dari media cetak, media elektronik, dan media online, dengan sisi kelebihannya masing – masing.
Dan sebenarnya para siswa sadar atau tidak sadar sebenarnya sekarang ini mereka sudah mulai tertarik dengan media massa, buktinya sering memberikan informasi melalui media online facebook,tweter,whatsapp, atau media sosial yang lainnya namun tentu belum dengan kaidah – kaidah ilmu jurnalistik yang ada,jadi bila ingin lebih mendalami tentang ilmu jurnalistik maka perlu adanya tindaklanjut dengan pembelajaran – pembelajaran tentang jurnalistik , ungkap Iqbal kismoro ketua Majlis Pustaka & Informasi Muhammadiyah Kab. Tegal
hal ini juga dikuatkan dengan apa yang disampaikan oleh arif seorang penulis yang menginginkan acara ini ditindaklanjuti dengan kegiatan pelatihan jurnalistik. “ yah perlu di follow up dengan pelatihan jurnalistik “ pungkas arif.
Sementara menurut hendra apariyadi , salah satu narasumber menjelaskan tentang trik menulis serta memotifasi siswa dengan metode permainan sehingga siswa akan merasa senang dengan menulis , “Pers sebagai wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan meyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak “ ungkapnya.
Profesi di bidang Jurnalistik
Sementara itu menurut Ela Redaktur Radar Tegal Ada berbagai bentuk profesi jurnalistik yaitu wartawan, fotografer, seniman atau editor. Mereka umumnya bekerja dengan perusahaan media seperti koran, majalah, televisi, radio atau web. Jurnalis atau wartawan adalah profesi yang membutuhkan kreativitas, perhatian terhadap detail, dan kemampuan untuk bekerja di bawah tenggat waktu yang ketat. Anda yang memiliki keterampilan itu dan memiliki hobi membaca dan menulis serta senang mengetahui berita terkini, tentunya akan menyukai bidang jurnalistik.
sebelum senang menulis diawali dengan modal senang membaca . Menulis itu mudah yang penting diawali dengan niat dan penuh kesenangan . Apapun bisa ditulis dan untuk menghasilkan tulisan yang bagus dan menarik perhatian seorang penulis harus tau trik menulis . “ Ulasnya. iqbal k


12670046_1154130161266133_5177019032743721203_nnews_929151803763971_56b866bd0de7d_moci6895_1154130027932813_2443935649121389073_n

Tidak ada komentar:

Posting Komentar