Hankam

Hankam

Dinas Kesehatan Kuningan Maksimalkan Jangkauan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

kadinkes_raji


H. RAJI, SE, M.M.Kes.



Foto : Dok. Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan

Radardesa-Kuningan,
Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan Jawa Barat terus berupaya memaksimalkan jangkauan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Salah satunya melalui pemberdayaan serta peningkatan peran Pusat Kesehatan Pembantu (Pustu) yang tersebar di sejumlah desa wilayah Kabupaten berjuluk 'Kota Kuda' ini.
Demikian dikemukakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kuningan, H. RAJI, SE, M.M.Kes. saat dihubungi radardesa melalui telepon selulernya pada Selasa pagi (10/05) ini. Menurutnya, kesungguhan pihak Dinas Kesehatan memberi dan memaksimalkan jangkauan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat dapat dirasakan langsung melalui keberadaan sejumlah Pustu di beberapa desa pada lokasi yang cukup jauh dari Puskesmas Kecamatan."Kami sampai saat ini memiliki 69 Pustu yang tersebar di beberapa pelosok Kabupaten Kuningan,"ucapnya.
Dijelaskan H.Raji, hal paling mendasar sejumlah Pustu tersebut dibangun beberapa tahun kebelakang guna melayani kebutuhan kesehatan masyarakat yang kesulitan dengan jarak untuk mencapai pelayanan Puskesmas induk."Pemerintah daerah melalui Dinkes ingin melayani serta memberi kemudahan pada warga,"terangnya.
Namun demikian Dia menyadari pemberdayaan serta peran Pustu di beberapa titik lokasi masih perlu terus ditingkatkan."Kami mengakui masih ada Pustu yang belum maksimal melayani masyarakat,"katanya.
Dia menegaskan, beberapa sebab yang sedikit menjadi kendala pihaknya dalam memaksimalkan peran Pustu, diantaranya ada sejumlah Pustu yang kondisinya rusak."Sementara yang rusak berat karena takut membahayakan tidak bisa digunakan,"ungkapnya.
Sehubungan kondisi tersebut, pihaknya tidak berpangku tangan. Langkah konkrit yang sudah diambil lanjutnya, ada yang kemudian untuk sementara waktu berpindah pelayanan bekerjasama dengan poskesdes."Langkah serius lainnya sedang berupaya menempuh pengajuan rehab pustu,"tandas pria familiar ini.
Dia menyampaiakan harapan, dari APBN pada 2017 mendatang Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan mendapat peruntukan bagi rehab bangunan Pustu."Kita akan bertahap memperbaiki sarana Pustu demi pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat,"sambungnya.
Masih dalam percakapan tersebut, Kadis Kesehatan ini menghimbau terhadap semua pihak untuk turut bersama-sama memelihara sejumlah asset Pustu yang ada."Pemerintah serta masyarakat perlu sinergi dalam menjaga setiap asset demi kepentingan bersama,"harapnya.
Sebelum mengakhiri pembicaraan Dia menyampaikan, jika sementara waktu ada kekurangan pemenuhan pelayanan kesehatan terhadap warga, pihaknya meminta agar warga dapat mengerti kondisi yang muncul seperti itu."Pada prinsipnya Kami senantiasa berupaya secara maksimal dalam konteks pemenuhan pelayanan kesehatan ini,"pungkasnya. * nacep s.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dinas Kesehatan Kuningan Maksimalkan Jangkauan Pelayanan Kesehatan Masyarakat"

Posting Komentar