Hankam

Hankam

LATIHAN KURBAN DI SMPN 2 BREBES

smp-2Radardesa-Brebes. Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar, Laailaahaillallahu Allahu Akbar, Allahu Akbar walillahilhamdu. Kalimat takbir, tahlil, dan tahmid bergema di lingkungan SMPN 2 Brebes, tanda berlangsungnya rangkaian kegiatan Idul Adha di sekolah tersebut. Segenap siswa beserta guru dan karyawan melaksanakan sholat Idul Adha di halaman tengah dengan imam Kyai Syirojudin dan khotib M. Eko Raharjo, M.Ag.

Eko Raharjo dalam khutbahnya menyatakan bahwa  Idul Adha yang kita peringati saat ini dinamai juga “Idul Nahr”, artinya hari cara memotong kurban binatang ternak. Sejarahnya bermula dari ujian paling berat yang menimpa Nabiyullah Ibrahim as yang diperintahkan untuk menyebelih putra semata wayangnya Ismail as. Dengan kesabaran dan ketabahan menghadapi berbagai ujian dan cobaan, beliau dianugerahi suatu kehormatan sebagai “Khalilullah” yang berarti kekasih Allah.

Kesan atau i’tibar yang dapat diambil dari peristiwa tersebut antara lain agar orang tua memiliki upaya yang kuat membentuk anak yang sholih, menciptakan pribadi anak yang agamis, anak yang berbakti kepada orang tua, lebih-lebih berbakti terhadap Allah dan rasul-Nya. Disamping itu juga perintah dan ketentuan-ketentuan yang telah digariskan oleh Allah SWT harus disambut dan dilaksanakan dengan tekad sami’na wa’atha’na, karena sesungguhnya ketentuan-Nya pastilah manfaatnya kembali kepada kita sendiri.

Selesainya sholat dan khutbah Idul Adha, siswa melanjutkan kegiatan untuk mengikuti prosesi penyembelihan binatang kurban yang tahun ini berjumlah satu ekor sapi berukuran besar dan empat ekor kambing. Ini adalah pelajaran yang sangat berharga sekali bagi siswa-siswi yang hadir pada pagi hari itu, dengan harapan kelak setelah dewasa bisa melaksanakan perintah berkurban yang sesuai syar’i sebagaimana ilmu yang didapat di sekolah,  demikian kalimat yang terucap dari kepala SMPN 2 Brebes Tarwadi, M.Pd.

Tampak kebersamaan yang ditunjukkan oleh siswa-siswi beserta dewan guru dan karyawan SMPN 2 Brebes mengurus potongan daging kurban hingga sampai pada meracik untuk dimasukkan dalam kantong-kantong yang siap dibagikan kepada yang berhak menerima. Sasaran pembagian daging kurban antara lain orang tua/ wali murid yang kurang mampu dan masyarakat di lingkungan sekolah.

Mengakhiri kegiatan Idul Adha 1437 H di SMPN 2 Brebes, ketua OSIS Brilian Adi Pahlevi yang didampingi Atik Siti Maryam selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan menegaskan bahwa kegiatan latihan kurban merupakan pembelajaran yang penting untuk menanamkan kepedulian anak pada sesama, terutama pada orang-orang yang membutuhkan. Oleh karena itu, kegiatan ini akan terus dipertahankan dan menjadi agenda tahunan dalam kegiatan OSIS SMPN 2 Brebes. (Dade Humas)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "LATIHAN KURBAN DI SMPN 2 BREBES"

Posting Komentar