Hankam

Hankam

MAN Brebes 01, Gelar Kemah Peduli Lingkungan

ma-n-brebes-01Radardesa-Brebes. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Brebes 01 menggelar perkemahan peduli lingkungan. Hal ini dilakukan sebagai ujud nyata memberikan sumbangsih kepada keberlangsungan dan kelestarian lingkungan hidup. Kepedulian lingkungan, perlu dilakukan sejak usia dini termasuk para anggota pramuka yang tergabung dalam gugus depan MAN Brebes 01.

Demikian disampaikan Kepala MAN Brebes 01 H Tobari MA disela kemah bakti peduli lingkungan di halaman sekolah setempat, Kamis (01/9).

Kemah peduli lingkungan ini, kata Tobari, terutama menanamkan kecintaan terhadap keindahan dan kebersihan rumah, sekolah, lingkungan sekitar. “Bila sudah terpatri kecintaan terhadap lingkungan, maka dimanapun anak-anak hidup bermasyarakat, maka akan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan,” jelasnya.

man-brebesPembina Pramuka Sodikin SAg menjelaskan, kegiatan yang menyentuh kebersihan lingkungan antara lain peserta diajak untuk memungut sampah anorganik disepanjang jalan yang dilalui. Kegiatan ini bukan berarti mengajak para anggota pramuka menjadi pemulung, tetapi lebih meningkatkan kepedulian tentang kebersihan dan keindahan lingkungan.

“Tiap Sangga, wajib menyetorkan sampah anorganik untuk kemudian dijual dipengepul. Sedangkan organik dibuang ditempat sampah yang telah disediakan,” ujar Sodikin.

Selain kegiatan peduli lingkungan, peserta juga dilatih untuk penanganan korban kebakaran dengan menjadi petugas damkar. “Keberanian seorang pramuka dalam menangani kebakaran wajib dimiliki namun harus sesuai dengan prosedur sehingga tidak melukai diri,” terangnya.

Sosialisasi bahaya kebakaran disampaikan instruktur dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes.

Perkemahan yang berlangsung selama dua hari itu, juga diisi dengan berbagai kegiatan lain seperti cari jejak, cerdas cermat pramuka, ceramah agama dan berbagai kegiatan kecapakan lainnya. (Dade Humas)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MAN Brebes 01, Gelar Kemah Peduli Lingkungan"

Posting Komentar