Hankam

Hankam

Monumen Juang 45 Brebes Dilengkapi Patung Soekarno

pembangunan-monju1Radardesa-Brebes. Monumen Juang 45 (Monju) yang terletak di Jalan Cendana, Kota Baru Brebes, kini dilengkapi dengan patung Presiden RI pertama Ir Soekarno.  Patung setinggi empat meter tersebut, berdiri kokoh di depan pintu masuk monument seakan-akan menyapa para pengunjung monument.

“Kami sengaja menambahkan patung Ir Soekarno, sebagai penghargaan atas perjuangannya mendirikan Negara RI sekaligus sebagai Sang Proklamator,”  kata Bupati Brebes Idza Priyanti SE usai meninjau penambahan fasilitas, dilokasi monument, kemarin.

Dengan kemerdekaan, lanjutnya, pembangunan bangsa terus berlanjut, termasuk pembangunan di Kabupaten Brebes di alam kemerdekaan ini. Pembangunan jasmani maupun pembangunan rohani bisa berjalan selaras, seimbang, berkelanjutan dan maju.

Selain pembuatan patung, Monju juga dilengkapi dengan diaroma atau  miniatur tiga dimensi yang menggambarkan suatu adegan perjuangan masyarakat Brebes saat mempertahan kemerdekaan. Penjajahan di Brebes yang direbut kembali oleh para pejuang Brebes dikisahkan sangat heroic dalam Diaroma tersebut.

pembangunan-monjuDi dalam monument, juga tengah digarap relief sisik melik perjuangan di Brebes, hingga pembangunan era kepemimpinan pemerintahan Bupati perempuan pertama Hj Idza Priyanti SE – Narjo SH.

Bupati berharap, lewat penambahan fasilitas akan menambah daya tarik tersendiri bagi warga masyarakat Brebes untuk mengunjungi monument. Selain itu, untuk mengenang kembali perjuangan para penegak kedaulatan RI. “Masyarakat Brebes, jangan sampai melupakan sejarah sehingga sangat penting di bangunnya monument dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya,” tandas Idza.

Penambahan fasilitas lain, berupa Videotron dan WC Umum dan lain-lain yang diharapkan bisa menjadi destinasi wisata alternative bagi masyarakat Brebes dan sekitarnya. Unsur-unsur pendidikan banyak sekali termuat di monument tersebut.

Idza juga berharap, ke depan ada pagar keliling untuk menghindari penyalahgunaan taman terutama kendaraan motor dan sepeda yang sering dibawa masuk arena oleh pengunjung. “Kita harus saling menjaga memelihara asset bangsa ini, agar lestari dan menjadi taman pendidikan yang berkelanjutan,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata ruang (DPU Taru) Ir Nushy Mansur MSc menambahkan, pembiayaan untuk pembuatan patung, diaroma dan relief serta WC Umum sebesar Rp 1 Miliar. “Untuk pemeliharaan, disediakan Rp 200 juta,” ungkapnya.

Monumen Juang 45 Kabupaten Brebes di kompleks Perumahan Muspida Pemkab Brebes, Kelurahan/Kecamatan Brebes diresmikan Bupati Brebes Idza Priyanti, Senin (19/1/2015). Bangunan yang menelan biaya Rp 2,45 miliar itu didirikan sebagai pengingat pertempuran sengit antara para pejuang dan tentara Belanda di jembatan Sungai Pemali.

Pembangunan Monumen Juang 45 yang merupakan pemindahan Monumen Juang di Alun-alun Brebes tersebut dimulai sejak tahun 2012 dan baru selesai pada tahun 2014.

Peninjauan didampingi Ketua Dewan Harian Cabang (DHC) Badan Pembudaya Pelestari Nilai-Nilai 45 Kabupaten Brebes Ir Iskandar MM, Staf Ahli Bupati bidang Kesra Dra Lely Mulyani MPd, Kabag Humas Ratnawati dan pejabat lainnya. (Dade Humas)

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Monumen Juang 45 Brebes Dilengkapi Patung Soekarno"

Posting Komentar