Hankam

Hankam

HARI AKSARA INTERNASIONAL TINGKAT JAWA TENGAH 2016 – “ TAHU ACI DANBATIK TEGALAN PRODUK PKBM TEGAL MENJADI PRIMADONA “



Radardesa.com-Tegal. Dinas Pendidikan,Pemuda  dan Olahraga -Dikpora Kabupaten Tegal  dengan menggandeng Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( FK-PKBM ) Kab. Tegal pada hari Rabu ( 2/11/2016 ) berangkat ke Magelang untuk mengikuti Peringatan Hari Aksara Internasional 2016 Tingkat Jawa Tengah yang diadakan di Lapangan drh. Soepardi Kabupaten Magelang.

Acara tersebut sedianya akan dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah namun karena ada acara yang tidak bisa ditinggalkan yaitu memimpin Rapat Paripurna Penetapan Anggaran Perubahan 2016 maka hadir pada kesempatan itu  Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko yang dalam sambutannya mengatakan bahwa  Jumlah penyandang buta aksara di Provinsi Jawa Tengah masih cukup tinggi mencapai 813.858 orang dengan menempati urutan kedua secara nasional di bawah Jawa Timur.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, menambahkan dari sejumlah angka buta aksara tersebut, paling tinggi di Kabupaten Brebes sebanyak 67.517 orang dan paling rendah Kota Salatiga sebanyak 289 orang.

Ia menuturkan pengentasan buta aksara bukan merupakan hal mudah, karena terdapat sejumlah kendala yang harus diatasi oleh pemerintah daerah. Salah satu kendala yang melekat pada buta aksara yakni kemiskinan.

"Kondisi tersebut akan membawa dampak lanjutan yakni putus sekolah. Selain itu, keterbatasan bahan bacaan juga turut menjadi penyebab meskipun tidak signifikan," katanya.

Pengentasan buta aksara, secara teknis merupakan kewenangan dari Dinas Pendidikan. Namun, upaya tersebut tidak bisa dilakukan sendiri oleh Dinas Pendidikan dan diperlukan bantuan dari masyarakat dan relawan.

"Program pengentasan buta aksara ini dibarengi dengan pemberdayaan masyarakat. Jadi masyarakat dihimpun untuk dilatih keterampilan. Program ini bisa berjalan kalau didukung dengan ketelatenan petugas, sarana prasarana memadai, sekaligus adanya anggaran yang cukup," katanya.

pada peringatan Hari Aksara Internasional Jawa Tengah 2016 ini juga diadakan expo berbagai macam produk – produk dari PKBM binaan Dinas Pendidikan dan Gebyar Pameran SMK se Jawa Tengah dari tanggal Kamis – Sabtu, 3 – 5 Nopember 2016 di Lapangan drh. Soepardi Kabupaten Magelang.

Sementara itu dari Kabupaten Tegal menghadirkan produk – produk unggulan dari masing – masing PKBM dan ternyata cukup diminati oleh pengunjung “ Produk – produk unggulan dari PKBM Kab. Tegal yang membikin penasaran pengunjung diantaranya sebuah alat untuk kestabilan kelistrikan Motor dan bikin Batery lebih awet yaitu DC Booster produk dari LKP Pasopati, Tahu Aci khas Tegalan juga disuguhkan di acara tersebut yang juga sangat diminati oleh pengunjung, Batik Tegalan karya dari PKBM Al Ittihad Adiwerna juga turut di jadikan unggulan dalam pameran bahkan produk tersebut diminta juga untuk dipamerkan di Stand Kantor Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah dan masih banyak lagi berbagai macam karya seni dan berbagai makanan khas Tegalan juga turut mengisi stand Kabupaten Tegal “ ujar Ali Rosidi, selaku ketua Forum Komunikasi PKBM Kabupaten Tegal.

“ Kegiatan Expo ini sangat bagus karena dapat menjadi sarana untuk wadah aktualisasi dan pengenalan bagi PKBM dan Pendidikan Luar Sekolah yang selama ini telah banyak membantu pemerintah dalam pengentasan buta aksara melalui program kejar paket dan pemberdayan masyarakat dengan ketrampilan – ketrampilan yang menunjang masyarakat menjadi mandiri dan berdaya guna untuk meningkatkan kesejahteraan tentunya “ ujar Mashuri,S.IP selaku Direktur PKBM AL ITTIHAD yang turut hadir dan andil dalam acara Hari Aksara Internasional tingkat Jawa Tengah Tersebut. ( Iqbal Kismoro )

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HARI AKSARA INTERNASIONAL TINGKAT JAWA TENGAH 2016 – “ TAHU ACI DANBATIK TEGALAN PRODUK PKBM TEGAL MENJADI PRIMADONA “"

Posting Komentar