Hankam

Hankam

Pemdes Mekarwangi Ajak Seluruh Komponen Masyarakat Bangun Desa

cnt-1 - Copy


Radardesa-Kuningan,
Pemerintah Desa (Pemdes) Mekarwangi Kabupaten Kuningan menyampaikan ajakan terhadap seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama membangun desa. Perbedaan pandangan, pemikiran serta pendapat didalam kehidupan pemerintahan serta kehidupan bermasyarakat tidak perlu dibesar-besarkan sehingga menjurus terjadinya perpecahan. Jika situasi tidak kondusif sejatinya ini akan merugikan desa sendiri karena program pembangunan menjadi sering terkendala.
Demikian dikemukakan Kepala Desa Mekarwangi, Saiful Bahri saat bertemu radardesa pada Sabtu (14/01) kemarin. Menurutnya, beberapa persoalan yang muncul dalam setahun terakhir ini, pada hakekatnya telah menjadi preseden buruk bagi Desa Mekarwangi.”Kami merasa prihatin dan malu sebenarnya ketika Desa yang kita cintai ini sering dirundung persoalan,”katanya.
Lebih ironisnya lagi, hampir setiap permasalahan yang muncul ke permukaan diduga awalnya dihembuskan dari kalangan masyarakat kita sendiri. Kemudian dikonsumsi masyarakat luar sambungnya, akhirnya menjalar kemana-mana.”Seperti itu persoalan yang ada di desa kami,”terangnya.
Ditegaskannya, Pemerintah Desa Mekarwangi yang saat ini sedang dinahkodainya, sesungguhnya sangat terbuka dengan saran pandang serta masukan dari siapapun terlebih lagi ketika itu datang dari warga masyarakat.”Kami jajaran pemerintah desa sangat menunggu berbagai pandangan dari siapapun yang memiliki tujuan positif bagi pembangunan dan kemajuan desa,”ucap Saeful.
Dia menambahkan, sudah saatnya antara pemerintah desa dengan lembaga-lembaga di desa yang ada serta seluruh komponen masyarakat bersatu padu untuk konsen berbuat bagi perkembangan desa ini. “Desa kita akan tertinggal perkembangannya dengan desa-desa lain jika dari waktu ke waktu hanya mengurusi masalah demi masalah yang sebenarnya dibesar-besarkan oleh kita sendiri,”tandasnya.
Kepala Desa Mekarwangi ini juga sempat melaporkan, seluruh rangkaian pembangunan fisik yang sudah dituangkan dalam APBDes tahun anggaran 2016 bersumber dari Dana Desa / Alokasi Dana Desa (DD/ADD) sudah selesai dikerjakan.”Alhamdulillah seluruh Dusun yang ada sudah kebagian menerima manfaat dari penyaluran anggaran tahunan tersebut,”bebernya.
Menguatkan hal itu, Sekretaris Desa (Sekdes) setempat, Uud Sobarudin saat dikunjungi radardesa di kediamannya menyampaikan, melalui panitia pembangunan dan pelaksana lapangan, seluruh program pekerjaan tahun anggaran 2016 sudah diselesaikan.”Terakhir dari program IP kita sedang melakukan pemagaran lingkungan balaidesa,”tuturnya.
Sehubungan itu, selaku pemerintah desa Dia mengharapkan agar semua lapisan masyarakat menjadi satu kesatuan dapat bersinergi mendukung rencana pembangunan kedepan. Menurutnya, tindakan-tindakan menuding serta menyalahkan pihak lain hanya akan berdampak bisa menghambat kemajuan desa. Jika ada hal-hal yang tidak berkenan dengan kebijakan maupun keputusan pemerintah desa lanjut Uud, idealnya ditempuh melalui cara-cara yang elegan dan baik.”Jangan sampai desa dan masyarakat sendiri yang rugi karena disibukan terus mengurusi masalah-masalah yang sebenarnya bisa dipecahkan dengan duduk bersama,”pungkas Sekdes berharap. * nacep suryaman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemdes Mekarwangi Ajak Seluruh Komponen Masyarakat Bangun Desa"

Posting Komentar