Hankam

Hankam

Kepala SMKN 4 Kuningan Buka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru

IMG-20170717-WA0006


Radardesa-Kuningan,
Dalam sebuah upacara, Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Kuningan Jawa Barat secara resmi membuka penyelenggaraan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) terhadap sejumlah siswa baru kelas X.  Pembukaan kegiatan dimaksud berlangsung di halaman samping utara sekolah setempat pada Senin pagi (17/07). Secara simbolis pembukaan dilakukan oleh Kepala Sekolah dengan melepas balon ke udara dihadapan seluruh civitas peserta upacara.
Ditemui Radardesa di ruangan kerjanya selesai acara pembukaan, Kepala SMKN 4 Kuningan, Drs. Asep MN Rosid, M.Pd., membenarkan dirinya baru saja membuka secara resmi kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah  terhadap siswa baru kelas X."Agenda ini merupakan proses yang perlu diikuti seluruh siswa baru,"Ucapnya.
Dia menjelaskan, tujuan kegiatan MPLS tersebut agar siswa baru sebelum memulai proses pendidikan dapat mengenal lebih dulu karakter lingkungan serta keluarga besar civitas sekolah. "Siswa baru harus mengetahui serta mengenal lebih jauh tentang lingkungan yang akan ditempati serta komponen penting lainnya yang ada di sekolah termasuk keberadaan tenaga guru selaku tenaga pengajar,"terangnya.
Sehubungan itu Dia meminta seluruh siswa baru dapat mengikuti kegiatan yang dijadwalkan berlangsung selama satu minggu dari awal sampai akhir penyelenggaraan."Semoga agenda MPLS ini berjalan tertib dan lancar sesuai jadwal yang telah disusun,"harapnya.
Masih dalam kesempatan itu, Dia mengemukakan pada hari pertama masuk sekolah dirinya mengingatkan baik terhadap siswa maupun guru agar mempertebal niatan untuk berbuat lebih baik lagi."Mari kita memulai hari efektif sekolah ini dengan niat yang baik agar setiap tugas dan kewajiban dapat dilaksanakan dengan baik juga,"pesannya.
Disampaikannya , SMKN 4 Kuningan meskipun berada jauh dari pusat kota diharapkan mampu berdaya saing serta dapat mensejajarkan diri dengan sekolah-sekolah maju yang berada di kota."Kami memiliki jargon SMKN 4 Kuningan  'Bisa dan Luar Biasa',"tandasnya bersemangat.
Dia mengungkapkan, maksud 'Bisa' mengandung pemaknaan agar seluruh siswa mempunyai keterampilan bisa menguasai dunia industri (lapangan kerja), seperti otomotif, mesin, dan lain sebagainya."Siswa harus bisa masuk menguasai industri di berbagai perusahaan seperti, Toyota, Daihatsu, Suzuki, Honda dan bidang keahlian lainnya,"beber pria yang dikenal familiar ini.
Selanjutnya untuk pemahaman kata 'Luar Biasa' sambungnya , SMKN 4 Kuningan harus mampu tampil menjadi luar biasa memiliki kelebihan dari sisi kualitas (mutu) pendidikan, sarana prasarana, infrastruktur sekolah dan dimensi lainnya."Kita harus menjadi luar biasa agar memperoleh kesempatan lebih terbuka untuk bisa berdaya saing,"harapnya memotivasi.
Sementara itu secara terpisah, Ketua Panitia Penerimaan Siswa Baru, Maman Lukmanul Hakim,SPd. membenarkan jika pihaknya mulai menggelar kegiatan MPLS bagi peserta didik baru."Seluruh siswa baru tahun ajaran 2017/2018 mulai mengikuti agenda MPLS yang dibuka hari ini,"terangnya.
Dia merinci, untuk penerimaan siswa baru tahun sekarang, SMKN 4 Kuningan membuka enam jurusan keahlian, yakni jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Administrasi Perkantoran (AP), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), jurusan Akuntansi serta jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM)."Total siswa baru kelas X dari seluruh jurusan yang tersedia terhimpun 14 rombongan belajar(rombel) atau kelas,"sebutnya.
Maman bersyukur, harapan pihaknya dalam proses penerimaan siswa baru tahun ajaran 2017-2018 ternyata dapat tercapai. Dia mengatakan semua pencapaian tersebut dipetik atas kerjasama seluruh komponen guru, tata usaha  komite sekolah serta petunjuk dan saran pimpinan (Kepala Sekolah)."Kami dari pihak sekolah menyampaikan teima kasih terhadap orangtua dan masyarakat atas kepercayaannya  memilih SMKN 4 Kuningan sebagai tempat pendidikan buat anak-anaknya,"pungkas Maman merasa bangga. * nacep suryaman.


IMG-20170717-WA0005IMG-20170717-WA0003


IMG-20170717-WA0004IMG-20170717-WA0007

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kepala SMKN 4 Kuningan Buka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru"

Posting Komentar