Hankam

Hankam

DANDIM 0712/TEGAL SEBAGAI PEMBINA UPACARA DI SMP N 1 SLAWI

Tegal - Upacara bendera yang dilaksanakan di SMP N 1 Slawi Jl Prof. Moh. Yamin Slawi kali ini terasa berbeda karena kehadiran Dandim 0712/Tegal Letkol Kav Kristiyanto S.Sos yang berkenan menjadi Pembina upacara pada kesempatan kali ini yang diikuti oleh 937 orang. Senin (25/9).

Dandim 0712/Tegal dalam amanatnya menyampaikan bahwa kegiatan upacara adalah wujud peran sebagai WNI untuk menghormati jasa pahlawan yang susah payah merebut kemerdekaan. Menghormati bendera bukan berarti kita mendewakan atau menyembah tapi kita meghargai betapa sulitnya bendera dinaikan pertama kali. Mungkin sekarang kita menaikan tidak was-was terhadap ancaman akan tetapi sebelum tanggal 17 Agustus 1945 menaikan bendera taruhanya nyawa. Dengan naiknya bendera berarti indonesia telah merdeka itulah yang sejatinya terkandung. Itulah wujud penghormatan pada leluhur.

Dandim berharap pelajar SMPN  1 Slawi mempunyai dedikasi yang tinggi karena SMP ini terpilih sebagai Pilot Projec untuk sekolah yang menanamkan karakter berbagsa. Ini suatu kebanggaan tersendiri karena  lembaga pendidikan pertama di Kab. Tegal yang menjadi pecontohan. Di indonesia hanya 20 dan salah satunya SMPN  1 slawi. “Oleh karenanya dengan pendidikan karakter adik-adik pelajar  tunjukan karakter yang bermoral pancasila dan tatanan moral yang berlaku di indonesia”,  imbuhnya.



 

Arus globalisasi pesat berkembang dan ini sangat berpengaruh. Begitu mudahnya informasi melalui medsos dan ini tugas adik adik pelajar yang mempunyai karakter untuk menyaringnya. Informasi melalui medsos lebih banyak yang membuat perpecahan dan ini ada di genggaman adik adik semuanya. Guru dan orang tua tidak  bisa mengawasi tiap detik karena keadaan jadi ini tergantung kepribadian dalam membentengi. Oleh karena itu perlu langkah yang bijak yang harus dimiliki  adik adik pelajar diantaranya prinsip kerukunan kehidupan beragama, yakini bahwa nilai pancasila harus kita tanamkan dalam menilai arus berita yang berkembang, Ini bulan september maka perlu di ingat bahwa bulan ini kita mempunyai masa lalu yang kelam yaitu adanya pemberontakan PKI yang ingin mengganti pancasila dengan faham komunis. Ini yang harus siswa siswi ketahui, pungkas Dandim.



Setelah upacara bendera selesai di lanjutkan dengan penyerahan piala juara 1 karnaval dalam rangka HUT ke-72 RI oleh Dandim 0712/Tegal serta nonton bareng pemutaran film G 30 S/PKI di Aula SMP N 1 Slawi, turut disaksikan pula oleh Dandim 0712/Tegal Letkol Kav Kristiyanto S.Sos, Kepala SMP N 1 Slawi Drs. H. Al Fatah M.Pd, Danramil 14/ Slawi Kapten Arh. Asep Koswara, Anggota koramil 14/Slawi, Guru dan Karyawan SMP N 1 Slawi. Pendim Tegal

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DANDIM 0712/TEGAL SEBAGAI PEMBINA UPACARA DI SMP N 1 SLAWI"

Posting Komentar