Hankam

Hankam

KODIM 0712/TEGAL GELAR BINSIAP APWIL DAN PUANTER 2017

Tegal - Kodim 0712/Tegal menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) Triwulan III TA. 2017. Kegiatan ini diikuti oleh 125 orang anggota TNI Kodim 0712/Tegal bertempat di Aula Makodim 0712/Tegal. Selasa, (12/09).

Dalam sambutannya Komandan Kodim 0712/Tegal mengatakan pentingnya sosialisasi ini kepada prajurit Kowil agar nantinya bisa lebih memahami tugas dan fungsinya, sehingga tidak terjadi keraguan dalam mengaplikasikannya di lapangan”Jelas Letkol Kav Kristiyanto

“Aparat kewilayahan perlu memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial agar memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam melaksanakan tugas, ” tegasnya.

Pada kesempatan itu pula, Danramil 07/Adiwerna Kapten Inf Suswantoro langsung memberikan materi sikap teritorial kepada para Babinsa, hal ini adalah untuk memelihara kemampuan teritorial dan selain itu mereka juga harus memiliki 8 sikap teritorial. Kemampuan teritorial diantaranya, kemampuan temu cepat atau lapor cepat, managemen teritorial, penguasaan wilayah, pembinaan perlawanan rakyat, dan kemampuan komunikasi sosial.

Menurut Danramil, delapan sikap teritorial adalah 1) murah senyum; 2) tegur sapa; 3) rasa hormat dan terima kasih; 4) kenali adat istiadat; 5) larut diri di setiap lapisan masyarakat; 6) positif dalam tata susila; 7) kesediaan untuk membantu, dan yang terkahir 8) selalu ikut dalam kegiatan keagamaan.

“Kita harus memiliki semua itu, hanya dengan semua sikap itu kita sudah bisa menjadi Babinsa yang tauladan. Kita adalah bagian dari masyarakat, jadilah sosok terpenting di lingkup kehidupan masyarakat wilayah binaan,” jelasnya.

“ Dalam sosialisasi 5 Kemampuan Teritorial ini adalah bentuk tanggung jawab unutk memberikan pembekalan serta peningkatan pengetahuan dan ketrampilan tentang kemampuan teritorial kepada anggota Kodim 0712/Tegal dengan tujuan agar setiap personil teritorial memiliki kepekaan dan kesadaran akan perannya sebagai insan teritorial guna mewujudkan keberhasilan tugas poko satuan” Ucap Kapten Kav Mucholim.

Pada kesempatan ini pula Badan Penanggulangan Bencana Alam (BPBD) Kabupaten Tegal Esti Pertiwi SH (Kabid  Pencegahan dan kesiapsiagaan ) memberika materi tentang bencana alam dan upaya  mencegah serta mengatasiya

”Prinsip dasar upaya penanggulangan bencana dititik beratkan pada tahap kesiapsiagaan sebelum bencana terjadi. Mengingat bahwa tindakan preventif (mencegah) lebih baik daripada kuratif (pengobatan atau penanganan). Bencana alam itu sendiri memang tidak dapat dicegah, namun dampak buruk akibat bencana dapat kita cegah dengan kesiapsiagaan sebelum bencana terjadi, ” papar Esti Pertiwi

Tidak ketinggalan pula dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kab.Tegal Teguh Susmono,S.Pi ( Penyuluh Perikanan Madya ) memberikan materi cara budidaya ikan air tawar.

Untuk diketahui bahwa TNI sedang giat-giatnya melaksanakan Pendampingan Swasembada pangan 2017, selain beras masih banyak sumber daya alam yang belum kita maksimalkan dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan untuk itu pemerintah banyak mencari-cari sumber pangan dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di wilayah masing-masing”Ucapnya

“Di wilayah Kabupaten Tegal selain di bidang pertanian kami melihat masih banyak sumber-sumber air yang potensial sehingga diharapkan sumber-sumber air ini dapat dimanfaatkan untuk pelaksanaan budidaya ikan. Selain itu, juga guna mendukung program pemerintah yaitu gemar makan ikan dari kegiatan penyuluhan dan pelatihan kepada para Babinsa. Diharapkan kepada para Babinsa memiliki wawasan tentang budi daya ikan air tawar yang bisa disampaikan atau disosialisasikan bersama petugas PPL (Petugas Penyuluh Pertanian) kepada masyarakat desa binaan di wilayahnya masing-masing dalam rangka mendukung kedaulatan pangan di bidang budidaya ikan air tawar,” Jelas Teguh Susmono

Pasiter Kodim 0712/Tegal Kapten Inf Sokib juga menegaskan bahwa Babinsa yang merupakan garda terdepan dalam tugas kewilayahan bagi TNI- AD wajib meningkatkan kesiapan Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial, selain itu diperlukan kemampuan dan ilmu teritorial dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini.

Sasaran penyelenggaraan Binsiap Apwil dan Puanter ini yaitu agar lebih optimal, efektif dan efesien dalam penyelenggaraan   dan   acuan   pelaksanaannya   serta   dapat   meningkatkan   kemampuan   prajurit   dalam melaksanakan, menjabarkan, menyosialisasikan Binter di wilayah, sehingga terwujud prajurit yang memiliki mental, disiplin,   semangat  yang  tangguh  dan  profesional, serta dapat  berintegrasi  dengan  komponen masyarakat dalam melaksanakan tugas di  satuan komando kewilayahan di jajaran  Kodim 0712/Tegal” Jelasnya

Kegiatan ini juga bisa menyamakan langkah dan misi para Babinsa dalam pengabdian kepada bangsa dan negara melalui tugas pembinaan teritorial di wilayahnya dan terpeliharanya kemanunggalan TNI-rakyat.( Pendim Tegal )

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KODIM 0712/TEGAL GELAR BINSIAP APWIL DAN PUANTER 2017"

Posting Komentar