Hankam

Hankam

SMKN 4 Kuningan Sukses Gelar Bumi Perkemahan Penerimaan Tamu Penegak


Radardesa-Kuningan, SMKN 4 Kuningan Jawa Barat sukses menggelar kegiatan Bumi Perkemahan Penerimaan Tamu Penegak (PPTP) yang dilangsungkan selama tiga hari (13 s/d 15 September) di lapangan sepakbola Desa Wanasaraya Kecamatan Kalimanggis. Program gerakan pramuka gugus depan (Gudep 11-061 / 11-062)  itu diikuti sebanyak 485 peserta terdiri dari 201 peserta putri dan 284 peserta putera. Mereka tersebar pada 15 ambalan (Ambalan Gatilumbung dan Nalasari) yang terbagi menjadi 59 sangga.
Penjelasan itu disampaikan Ketua Pembina Gudep, Wahidi, MT. saat diwawancarai radardesa setelah dilangsungkannya upacara pembukaan, Rabu pagi (13/09) di area Bumi Perkemahan tersebut. Menurutnya, kegiatan perkemahan serupa itu merupakan agenda rutin tahunan dalam rangka penerimaan tamu penegak.
Ditegaskannya, dalam gerakan pramuka mengenal istilah golongan berdasarkan kelompok usia."Penggolongan yang biasa kita dengar diantaranya ada pramuka siaga, penggalang dan penegak,"ucapnya.
Dia merinci, untuk penggolongan pramuka siaga itu tingkatan usia dari 7 sampai 10 tahun biasanya anak-anak sekolah dasar (SD). Kemudian lanjut Wahidi, meningkat penggolongan pramuka penggalang yakni usia anak SLTP dari 11 sampai 15 tahun."Sesudah itu penggolongan pramuka penegak yang berusia 16 sampai dengan 20 tahun,"terangnya.
Masih menurutnya, berdasarkan penggolongan tersebut, siswa baru kelas X (sepuluh) rata-rata yang memiliki usia masuk 16 tahun akan naik dari pramuka penggalang menjadi pramuka penegak,"Dalam perkemahan sekarang inilah  akan dilaksanakan adat berupa upacara pindah golongan ,"ungkapnya.
Lebih jauh Dia mengupas, kegiatan perkemahan yang tengah digelar sekaligus didalamnya akan diisi berbagai materi yang akan diserap seluruh peserta."Materi yang akan disajikan dari panitia meliputi kegiatan religius (keagamaan),pengetahuan tentang kepramukaan dan keterampilan,"tandas Wahidi.
Pada intinya, kegiatan perkemahan tersebut mengajak para peserta untuk belajar sambil melakukan (praktek). Disini sambungnya akan ditumbuhkan sikap secara vertikal para peserta berhubungan dengan Alloh SWT sebagai Alkholiq dan sikap secara horizontal hubungan peserta dengan masyarakat lingkungan dan juga dengan masing-masing peserta itu sendiri.
Sementara itu, dalam sambutan pada acara pembukaan, Ketua Majelis Pembina Gugus (Ka,Mabigus) SMKN 4 Kuningan, Drs. Asep Muh Nur Rosid mengingatkan kepada seluruh peserta  agar dalam merentasi perjalanan kehidupan setiap manusia memiliki program. Menurutnya jika manusia hidup tidak mempunyai program niscaya kehidupannya tidak akan terarah."Kita dari mulai saat ini harus menentukan program agar hidup menjadi lebih jelas arahnya,"tegas Asep.
Dia menjelaskan, salah satu hal penting yang akan sangat berharga bagi peserta perkemahan yakni para peserta akan langsung menyerap serta dapat mengimplementasikan ruh gerakan pramuka melalui aksi nyata pada kegiatan tersebut."Nilai-nilai dasa darma pramuka harus bisa mewarnai dan melekat terus pada jiwa peserta sampai kapanpun,"katanya bersemangat.
Sehubungan itu Dia berpesan agar seluruh peserta tidak hanya sekedar mampu menjalankan setiap materi yang digelar panitia, tetapi lebih jauh dari itu setiap peserta dapat juga mengejawantahkan nafas gerakan pramuka dalam kehidupan sehari-hari."Semoga agenda rutin tahunan ini dapat berjalan selamat, lancar dan sukses,"harapnya.
Sebelum mengakhiri pembicaraan, Dia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung terselenggaranya program dimaksud, khususnya kepada Ketua Majelis Pembina Ranting (Ka.Mabiran) Kecamatan Kalimanggis beserta Anggota Mabiran lainnya dari Kecamatan Kalimanggis dan Cidahu."Kami juga tidak lupa mengapresiasi peran aktif ketua dan seluruh jajaran panitia dalam perkemahan ini,"pungkasnya. * nacep suryaman.

 

 

 

 

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SMKN 4 Kuningan Sukses Gelar Bumi Perkemahan Penerimaan Tamu Penegak"

Posting Komentar