DANRAMIL 01/TEGAL BARAT HADIRI ACARA SEDEKAH LAUT DI KOTA TEGAL - RADARDESA

Selasa, 03 Oktober 2017

DANRAMIL 01/TEGAL BARAT HADIRI ACARA SEDEKAH LAUT DI KOTA TEGAL

Tegal - Pada hari Senin  02 Oktober 2017 pukul 06.00 wib s/d 12.45 WIB di Halaman KUD Karya Mina Jl. Blanak No. 10 Kel. Tegalsari Kec. Tegal Barat Kota Tegal telah dilaksanakan Ruwatan dan Upacara dalam rangka pelarungan Sedekah laut nelayan Kota Tegal Tahun 2017. yang dihadiri lebih kurang 500 orang.

Tema : "Dengan Semangat Sedekah Laut Kita Dukung Pemimpin Yang Perjuangkan Nasib Nelayan".

Sambutan Plt. Walikota Tegal Drs. HM. Nursholeh, MM.pd sbb :
a. Atas nama pemerintah Kota Tegal saya ingin menyampaikan ucapan selamat melaksanakan sedakah laut. Acara ini jangan sampai cuma jadi hiburan semata tetapi jadikanlah acara ini sebagai keletarian alam dan budaya. Selain itu saya mengharapkan acara ini merupakan ajang persatuan para nelayan yang ada di Kota Tegal. Sehingga tidak ada perbedaan antara nelayan dengan jenis kapal kecil atau besar. semua bersatu dan berharap hasil tangkapan akan berlimpah terus menerus setiap hari.

  1. Tradisi ini merupakan percontohan bahwa Kota Tegal merupakan Kota Bahari, selain itu merupakan ciri khas dari negara Indonesia sebagai negara maritim. Sebagai Kota Bahari, Kota Tegal yang di tepat pesisir laut jawa dapat juga di sebut Kota Pantai. Banyak warga Kota Tegal yang menggantungkan hidup dan bermata pencaharian dari laut. Utamanya banyak yang berprofesi sebagai penangkap ikan atau nelayan.

  2. Hasil tangkap nelayan, hasil laut cukup melimpah, sehingga tepat jika nelayan Kota Tegal bersyukur atas karunia yang diberikan Allah SWT. Banyak wujud syukur yang dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari warga Kota Tegal. Misalnya untuk terus beribdaa kepada Allah SWT dan bersedekah kepada masyarakat lainnya yang kekurangan, maka amat menggembirakan jika pada forum juga dilakukan santunan anak yatim piatu dan jompo. Mengenai suasana asyuro dan sedekah laut yang kita adakan ini.

  3. Wujud syukur lain adalah sikap dan perilaku masyarakat Kota Tegal yang mau melestarikan alam sekitar karena dengan pelestarian alam lah maka hasil laut senantiasa akan berlimpah. Tetapi jika alam menjadi rusak maka kehidupan laut akan berpengaruh sehingga hasil lautpun akan berkurang seperti kita ketahui bahwa di laut tanpa kita menyebarkan benih ikan kita dapat memanen dan mengambil hasil laut setiap hati dengan jumlah yang cukup bahkan berlimpah.


Turut hadir dlm rangka Ruwatan dan larung ancak tersebut antara lain, Plt. Walikota Tegal Drs. HM. Nursholeh M. Mpd, Danlanal Tegal Letkol Mar SB Manurung,Wakapolres Tegal Kota  Kompol Pri Haryadi, SH, Danramil 01/Tegal Barat Kapten Arm Suroso. Ketua KUD Karya Mina/Ketua Panitia sedekah Laut  Hadi Santoso, Ketua DPC HNSI Kota Tegal  H. Mahfud Efendi, Ketua PNKT  Susanto Agus P, Pimpinan OPD Pemkot Tegal, Pengurus PNKT,Panitia sedekah Laut ,Toga dan Tomas,Masy nelayan Kota Tegal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar