KASDIM TEGAL BERIKAN WAWASAN KEBANGSAAN DAN BELA NEGARA PADA GENERASI MUDA KOTA TEGAL - RADARDESA

BREAKING

Selasa, 24 Oktober 2017

KASDIM TEGAL BERIKAN WAWASAN KEBANGSAAN DAN BELA NEGARA PADA GENERASI MUDA KOTA TEGAL

Tegal - Senin tanggal 23 Oktober 2017, bertempat di Aula Ex Samsat Balaikota Jl. Ki Gede Sebayu Kel. Mangkukusuman Kec. Tegal Timur Kota Tegal Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf Sugihartono memberikan materi  Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara bagi Generasi Muda Kota Tegal Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Kantor Kesbangpolinmas, diikuti 100 orang.

Pada laporan Ketua Penyelenggara yang di sampaikan oleh Kasi Kesatuan dan Kebangsaan Kesbangpol Kota Tegal Ristono, S.IP yang intinya adalah bahwa maksud diselenggarakannya kegiatan ini untuk memberikan pemahaman pengetahuan dan pengembangan nilai-nilai Kebangsaan sebagai perekat persatuan dan kesatuan serta menanamkan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa bagi generasi muda.

Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya untuk meningkatkan peran aktif generasi muda dalam pelaksanaan pembangunan di segala bidang serta mempunyai kesadaran akan tanggung jawabnya sebagai warga masyarakat yang di dukung pengetahuan ketrampilan kompetisi serta pribadi manusia yang beriman, sehat, cakap, kreatif mandiri dan bersikap demokratis

Adapun peserta pada kegiatan ini sebanyak 300 orang, terdiri dari 100 pelajar SMA Kota Tegal, 100 pelajar SMK Kota Tegal dan 50 unsur Mahasiswa dan 50 unsur Ormas.

Kegiatan Peningkatan Wawasan Kebangsaan  dan Bela Negara  bagi Generasi Muda ini dilaksanakan selama 3 hari mulai dari tanggal, 23 s.d 25 Oktober 2017

Pada sambutan Kakesbangpolinmas Kota Tegal Moh. Afin, S.IP, M.Si, mengatakan Peran para generasi muda dalam peningkatan wawasan kebangsaan pada masa yang akan datang. Kita tahu bahwa era globalisasi ini, era digital akan digunakan sebagai apa teknologi ini bagi generasi muda, jangan sampai di era serba digital ini hanya di manfaatkan oleh generasi muda ke hal-hal yang positif.

Informasi saat ini sangat mudah masuk ke generasi muda melalui teknologi tersebut, agar berita yang masuk di filter jangan sampai generasi sangat muda menerima berita yang tidak benar, yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa ini.

Jangan sampai kita muda terprovokasi dengan berita-berita Hoax yang mengajarkan ujaran kebencian. Bekali diri kita dengan ilmu dan nilai-nilai agama agar kita bisa menghadapi era di gital ini dengan baik.

Acara pembukaan Peningkatan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara bagi Generasi Muda Tahun 2017 selesai dilanjutkan dengan pemberian materi dari Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf Sugihartono, mewakili Dandim 0712/Tegal, materi tentang Wawasan Kebangsaan, yang intinya adalah Esensi nilai-nilai NKRI ada tiga terdiri dari nilai Kesatuan Wilayah, nilai Persatuan Bangsa dan nilai Kemandirian.

Wawasan Kebangsaan adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri yang serba beragam dengan lingkungannya yang selalu berubah serta bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa namun tetap menghargai dan menghormati kebhinekaan bangsa guna mencapai tujuan Nasional.

Wawasan Kebangsaan memiliki Rasa  Kebangsaan, paham Kebangsaan dan semangat Kebangsaan.Ada 4 pilar kebangsaan diantaranya : Pancasila, UUD 1945, Kebhinekaan dan NKRI

Yang diperlukan guna mendukung terwujudnya suatu wawasan yang berorientasi  kebangsaan bagi seluruh rakyat Indonesia, di perlukan peran serta seluruh komponen bangsa dengan memberdayakan wilayah pertahanan sehingga tercipta rasa, paham dan semangat kebangsaan pada dirib semua anak bangsa.

Hadir pada kegiatan tersebut antara lain Kakesbangpolinmas Kota Tegal Moh. Afin, S.IP, M.Si, Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf Sugihartono, mewakili Dandim 0712/Tegal (Nara Sumber), Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Tegal : Prof. Dr. Tri Jaka Kartana, Msi (Nara Sumber), Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPS Tegal Dra. Sri Sutjiatmi, M.Si, Kasi dan staf Kesbangpolinmas Kota Tegal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar