Hankam

Hankam

SISWA-SISWI MTs SA MIFTAHUL HUDA ANTUSIAS MENDENGARKAN MATERI WAWASAŃ KEBANGSAAN OLEH DANRAMIL 19/BUMIJAWA

Tegal - Danramil 19/Bumijawa Kapten Inf M Pandang memberikan materi Wawasan Kebangsaan tentang Belanegara kepada Siswa-Siswi MTs SA Miftahul Huda Desa Cempaka , kecamatan Bumijawa kabupaten Tegal khususnya kelas VIII dengan jumlah 80 orang bertempat di Aula MTs SA Miftahul Huda. Rabu (25/10)

Dadir pada acara tersebut Kepala Sekolah MTs SA Miftahul Huda Bpk Sofyan Wildani, ketua Yayasan MTs SA Miftahul Huda Bpk A . Kayyi SH ( Kades Ds Cempaka ).

Dalam penyampaian materi Wasbang oleh Danramil 19/Bumijawa Kapten Inf M. Pandang menyampaian materi Wawasan Kebangsaan tentang Belanegara, dalam pelaksanaan Bela Negara diamanatkan dalam UUD 45 pd pasal 27 ayat 3 , bahwa setiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara .

Bela Negara adalah tekad dan prilaku warga negara yang dijiwai cintanya kpd NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup Bangsa dan Negara .

Adapun tujuan Pendidikan Pendahulùan Bela Negara adalah untuk mewujudkan WNI memiliki tekad , sikap dan tindakan yang dilandasi cinta kepada tanah air , sadar berbangsa , yakin akan Pancasila sebagai Falsafah dan Ideologi Negara , rela meniadakan Ancaman Gangguan Halangan dan Tantangan yang akan membahayakan NKRI.

Lima unsur Pendidikan Pendahuluan Bela Negara antara lain adalah

a. Cinta Tanah Air Indonesia .
Oleh karena itu warga Indonesia harus mengenal wilayah Nusantara dengan baik , mencintai Tanah Air Indonesia, waspada, dan siap membelah Tanah Air Indonesia terhadap Ancaman Gangguan Hambatan dan Tantangan Bangsa dan Negara , dan harus bangga sebagai Bangsa Indonesia .

b. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara .
Setiap warga Indonesia harus menyadari sebagai warga dari Bangsa dan Negara Indonesia yang harus di wujudkan dalam bentuk tingkah laku , sikap dan kehidupan pribadi dilingkungan masing-masing , diantaranya hidup rukun , saling tolong menolong , gotong royong dalam bermasyarakat , mendahulukan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi /golongan , saling menghormati , mematuhi aturan /tata tertib yang berlaku dan memiliki jiwa disiplin yang tinggi .

c. Yakin akan Kesaktian Pancasila .
Diwujudkan dlm kesadaran utk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari , kesadaran bahwa Pancasila sebagai Ideologi Negara , menyelesaikan setiap pertentangan pendapat diselesaikan dengan musyawarah dan mufakat , dan memiliki ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa .

d. Relaberkorban untuk Bangsa dan Negara .
Setiap warga Negara Indonesia harus rela mengorbankan waktu, tenaga , pikiran , harta dan benda untuk kepentingan umum dan keutuhan NKRI .

e. Memiliki kemampuan awal belanegara .
Setiap WNI harus memiliki mental dan fisik yang baik , pantang menyerah dalam menghadapi kesulitan /tahan uji untuk mendukung kemampuan awal belanegara untuk menjaga tetap tegak kedaulatan NKRI.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SISWA-SISWI MTs SA MIFTAHUL HUDA ANTUSIAS MENDENGARKAN MATERI WAWASAŃ KEBANGSAAN OLEH DANRAMIL 19/BUMIJAWA"

Posting Komentar