Hankam

Hankam

SEBANYAK 3.077 WARGA KABUPATEN TEGAL TERKENA PENYAKIT TBC



Puncak Peringatan Hari TBC Sedunia tingkat Kabupaten Tegal pada hari Minggu (1/4/2018) dipusatkan di Alun – Alun Hanggawana Slawi, Diawali dengan jalan kaki mengelilingi Alun - Alun Slawi sembari berkampanye dari kader-kader TB Care dan Senam Bersama, hadir pada kesempatan itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dr.Hendadi Setiaji, ketua Kwarcab Pramuka Kab.Tegal dr.Widodo Joko Mulyono yang diwakili oleh Amin Masykur dari Saka Bhakti Husada, Pimpinan Daerah Aisyiyah Kab. Tegal Sri Purwaningsih,A.Pt , juga tamu undangan dari Muslimat NU Kab.Tegal, Komisi Penanggulangan AIDS, Para Kader TB, Kepala – kepala Puskesmas dan Rumah Sakit, Perwakilan Pasien TB, dan Juga dari Lembaga Amal Zakat Infaq dan Shadaqoh Muhammadiyah ( LAZISMU ).

“ Penyakit TB atau yang lebih dikenal TBC adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB Paru ( Mycobacterium Tuberculosis ) yang mempunyai gejala awal seperti Demam,Batuk berdahak,keringat dingin di malam hari,batuk lebih dari 3 minggu dan nyeri di dada, nafsu makan hilang dan berat badan menurun hal ini harus segera diobati secara rutin “ sebagaimana disampaikan dr. hendadi dikata sambutannya.

Di Kabupaten Tegal pada tahun ini telah ditemukan sebanyak 3.077 orang yang terkena TBC dan ternyata 56 orang sudah kebal obat yang terus di teraphy agar sampai sembuh “ penyakit TBC bukan penyakit kutukan, dan bisa diobati sampai sembuh” tegas dr. Hendadi selaku Kepala Dinas Kesehatan Kab. Tegal.

Kepala Kwarcab Pramuka dr.Widodo Joko Mulyono yang diwakili oleh Sekretaris Saka Bhakti Husada Amin Masykur menyampaikan bahwa “ Anak – anak Pramuka Saka Bhakti Husada siap berkolaborasi dengan kader – kader TB Aisyiyah dan Tim TB dari Puskesmas dan Rumah sakit untuk Menemukan , Mengobati Sampai Sembuh TBC melalui Gerakan Masyarakat Sehat di Kabupaten Tegal”  dan hal ini disambut baik oleh Pimpinan Daerah Aisyiyah Kab. Tegal “ Community TB Care Aisyiyah Kabupaten Tegal dan Dinas Kesehatan Kab.Tegal yang selama ini terus mendampingi para pasien TB di Kabupaten Tegal membuka kerjasama dengan semua pihak baik dari Saka Bhakti Husada, Muslimat NU dan lainnya, semakin banyak yang terlibat dalam gerakan penanggulangan TBC di Kab. Tegal semakin baik “ ujar Sri Puwaningsih,A.Pt selaku ketua Aisyiyah Kab. Tegal.

Peringatan Hari TB Sedunia Tingkat Kabupaten Tegal ini juga dijadikan  hari Pencanangan Gerakan Ketuk Pintu untuk menemukan  Penderita TB di Kabupaten Tegal oleh Dinas Kabupaten Tegal bersama dengan Masyarakat yang Peduli dengan Gerakan TOSS ( Temukan Penderita TBC, Obati, Sampai Sembuh ).

Acara Peringatan Hati TB Nasional di Kabupaten Tegal yang mengambil tema “ Peduli TBC, Indonesia Sehat” dimeriahkan pula dengan tampilan Drama kolosal dengan judul Ayoo Berobat oleh tim kolaborasi Dinkes Kab.Tegal dan TB Care Aisyiyah Kab.Tegal, juga tarian Etika Batuk oleh Anak – anak siswa Saka Bhati Husada Puskesmas Pangkah dan diakhiri dengan hiburan dan pembagian doorprize dari Lazismu Kab.Tegal bagi para Pasien dan Peserta yang hadir. ( iq )

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SEBANYAK 3.077 WARGA KABUPATEN TEGAL TERKENA PENYAKIT TBC"

Posting Komentar