Hankam

Hankam

Angka Kematian Ibu di Kabupaten Tegal Menurun




Slawi. Radardesa.com. Untuk meningkatkan kinerja dan peran aktif Pengurus PKK di masyarakat. Tim Penggerak PKK Kabupaten Tegal menggelar Rapat Pleno, di Gedung PKK Kabupaten Tegal, Senin (7/5) kemarin.

Rapat Pleno dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Denok Sinoeng N. Rachmadi beserta Tim Penggerak PKK Kabupaten Tegal. Acara dibuka langsung oleh Pjs Bupati Tegal Sinoeng N. Rachmadi.

Dalam sambutannya, Sinoeng mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Tim Penggerak PKK yang telah menyumbangkan pikiran serta mengabdikan diri dan tenaga untuk pembinaan PKK di desanya.

Terkait pembangunan di bidang kesehatan dan sangat erat kaitannya dengan peran PKK ada penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) yang sangat signifikan dari 173 kematian per 1.000 kelahiran menjadi 52,7 kematian per 1.000 kelahiran. Sama halnya dengan Angka Kematian Bayi (AKB) yang menurun signifikan dari 9,6 di tahun 2014 menjadi 7,8 di tahun 2017. "Kasus kematian ibu melahirkan dari 33 kasus di tahun 2015 berkurang menjadi 27 kasus di tahun 2016 dan kembali berkurang menjadi 14 kasus di tahun 2017. Demikian pula dengan kasus kematian bayi yang juga berkurang serta dari Tahun 2017 lalu setidaknya kita menemukan 209 kasus kematian bayi, sementara di tahun 2016 ada 263 kasus kematian bayi", jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tegal Denok Sinoeng N. Rachmadi menghimbau rapat pleno ini diharapkan Tim Penggerak PKK dapat mengevaluasi program kerja sebelumnya dan menyusun program selanjutnya dalam usaha mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. "Kegiatan ini sangat penting dalam rangka memperkuat peran dan tanggungjawab TP-PKK, sebab PKK adalah wahana pemberdayaan keluarga yang memiliki peran startegis dalam membangun bangsa," tutupnya. (Dasuki)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Angka Kematian Ibu di Kabupaten Tegal Menurun "

Posting Komentar