Hankam

Hankam

Enthus Susmono Hadiri Haplah Akhirussanah MDTA – TPQ Sokatengah








Slawi. Radardesa.com. Calon bupati Tegal nomor urut tiga (incumbent) Enthus Susmono Senin (7/5) memenuhi undangan panitia pelaksanaan kegiatan Haplah Akhirussanah dan Wisuda MDTA  serta TPQ Miftakhul Ma’arif Dukuh Senggang Desa Sokatengah Kec. Bumijawa.  Acara yang berlangsung dikomplek yayasan pendidikan tersebut dihadiri kepala desa, camat, Polsek, Koramil sejumlah tokoh agama dan masyarakat serta kaum muslim desa Sokatengah dan sekitarnya.

Dalam sambutannya Ki Enthus Susmono menyampaikan  bahwa Islam adalah agama yang sempurna (syumul), karena didalamnya  mengatur segenap urusan kehidupan manusia dari bangun tidur hingga tidur kembali, dari perkara yang paling kecil hingga perkara yang paling besar. Dari urusan yang bersifat individual hingga urusan sosial, Sehingga membuat tatanan kehidupan  sebagai seorang muslim menjadi teratur, terangnya
 
Dibagian lain dikatakan, salam  memiliki  arti keselamatan, kesejahteraan atau kedamaian yang digunakan oleh kaum  muslim. Salam  adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW, yang dapat merekatkan ukhuwah Islamiyah umat muslim . “ Untuk yang mengucapkan salam, hukumnya adalah sunnah. Sedangkan bagi yang mendengarnya, wajib untuk menjawabnya.  Assalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh:   artinya , semoga seluruh keselamatan, rahmat dan berkah Allah dilimpahkan kepada kalian, ungkap Ki Enthus Susmono
 
Salam menurut Enthus,  salam memiliki tiga makna yang pertama salam bukan sekadar ungkapan kasih-sayang, tetapi memberikan juga alasan dan logika kasih-sayang yang diwujudkan dalam bentuk doa pengharapan agar manusia selamat dari segala macam duka-derita.

Kedua, salam mengingatkan bahwa  semua bergantung kepada Allah SWT. Tak satupun makhluk yang bisa mencelakai atau memberikan manfaat kepada siapapun juga tanpa perkenan Allah SWT.
 
Dan makna ketiga  bahwa ketika seseorang mengatakan kepada anda, "Aku berdoa semoga kamu sejahtera." Maka ia menyatakan dan berjanji bahwa anda aman dari tangan/perlakuannya, lidah /lisannya, dan ia akan menghormati hak hidup, kehormatan, dan harga diri Anda.

Usai menghadiri Haplah Akhirussanah MDTA dan TPQ Miftakhul Ma'arif desa Sokatengah Kec. Bumijawa Ki Enthus Susmono melakukan silaturahmi dengan pengasuh dan para santri Ponpes Al Inayah Desa Rembul Kec. Bojong Kab Tegal. Kehadirannya mendapat sambutan hangat dari warga sekitar pondok, santri dan para pengasuh yayasan pendidikan pondok pesantren.   (Dasuki)






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Enthus Susmono Hadiri Haplah Akhirussanah MDTA – TPQ Sokatengah "

Posting Komentar