Komunikasi Sosial Kreatif Tangkal Radikalisme Melalui Lukisan - RADARDESA

BREAKING

Kamis, 16 Agustus 2018

Komunikasi Sosial Kreatif Tangkal Radikalisme Melalui Lukisan

Brebes, Radardesa.com.“Komunikasi Sosial Kreatif Tangkal Radikalisme” Salah satu upaya yang dilakukan TNI Kodim 0713 Brebes dalam menangkalnya adalah dengan menggelar kegiatan Lomba Seni Budaya Melukis untuk umum, yang telah dilaksanakan di Rumah Singgah Anak Jalanan, tepatnya di gedung bekas Kantor Satpol PP Brebes (AERAN) Jalan Pemuda No. 1 Kecamatan Wanasari. Rabu (15/8/18).

Para peserta adalah umum lokal dan ada juga dari kabupaten tetangga yaitu Tegal. 16 peserta dari berbagai kecamatan hadir dan mengikuti, baik anak-anak, wanita dan dewasa. Salah satu peserta wanita yang melukis aliran semi surealisme, Tiara Syifani Hokaido menerangkan bahwa lukisannya merupakan gambar real semi abstrak yang menggambarkan masyarakat yang sudah mulai tercemar paham radikalisme.

Tiara sangat mengapresiasi terhadap apa yang dilakukan Kodim setempat yang telah memberikan ruang dan kesempatan kepada para seniman lukis lokal untuk mengembangkan kreasi bakatnya dalam ajang guna memeriahkan HUT TNI Ke-73 dan Kodam IV Diponegoro Ke-68 Tahun 2018 melalui Kodim Brebes.

“Luar biasa dan tidak terbayang karena pesertanya multi umur, saya juga berharap kedepannya event yang sama diadakan kembali dan promosinya lebih luas biar diketahui umum.” ucapnya.

Ada juga Opang (35) tukang cukur dari Kecamatan Banjarharjo, yang memanfaatkan media serbuk batu baterai bekas dan konte dengan alat kapas, cotton bud dan kuas, untuk membuat lukisan hitam putih.

Sementara itu Dandim 0713 Brebes, Letkol Inf. Ahmad Hadi Hariono menjelaskan, dalam menyelenggarakan pembinaan Teritorial, salah satunya melalui metode Komunikasi Sosial (Komsos) kreatif, yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi, tentang pemberdayaan wilayah pertahanan kepada segenap komponen bangsa sehingga terwujud kemanunggalan TNI-Rakyat. Kali ini pelukis diajak untuk mengaplikasikan gerakan tangkal radikalisme melalui gambar.

Harapan dari lomba ini adalah sebagai ajang  menjalin komunikasi yang harmonis guna meningkatkan tali silaturahmi serta penyaluran bakat dalam mengembangkan seni lukis. “Lomba melukis ini bukan sebagai ajang pencari bakat saja yang akan mewakili Brebes, akan tetapi sekaligus mempererat persatuan dan kesatuan antara warga masyarakat dengan TNI dalam cegah dini bahaya radikalisme.” terang Dandim.

Lomba melukis bertemakan “Melalui Kemanunggalan TNI–Rakyat Kita Wujudkan Cegah Tangkal Radikalisme”, keluar menjadi juara antara lain :

Juara pertama adalah Joni samudra (45) pelukis asal Desa Kemurang Wetan Kecamatan Tanjung, dengan nomor 10 binaan dari Koramil 04 Tanjung, dengan nilai 1.400.

Juara kedua diraih Tobroni (52), Guru SDN Kedungneng II Desa Kedungneng, binaan Koramil 05 Losari, nilai 1.360. Dan sebagai juara tiga atas nama Habib (38) wiraswasta, juga binaan dari Koramil 04 Tanjung, nilai 1.310.

Para pemenang selanjutnya mendapat hadiah berupa Trophy, uang pembinaan dan piagam penghargaan yang diserahkan secara langsung oleh Dandim kepada Juara I, Ketua Panitia Daryono, S.Pd Kepsek SDN Klampok 02 (Juara II) dan Rudiyanto, Ketua Dewan Juri yang juga Guru SMPN 2 Brebes kepada pemenang ketiga.

Diketahui , bagi juara pertama dan kedua akan mewakili Kodim dan Brebes dalam lomba serupa di tingkat Korem 071 Wijayakusuma Purwokerto pada 28 September ini, dan jika menyabet juara di sana akan melanjutkan lomba lukis ke tingkat Jawa Tengah yang akan dilangsungkan 5 Oktober tahun ini di Makodam IV Diponegoro saat perayaan HUT Kodam Ke-68 2018.

Terlihat Bupati Brebes, H. Idza Priyanti, SE dan Kasdim 0713 Brebes, Mayor Inf. Arief Soehartono, S.Pd hadir dan memberikan semangat kepada para peserta lomba. (pendim0713bbs).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar