Tradisi Tahunan Sedekah Bumi Desa Mlilir - RADARDESA

BREAKING

Sabtu, 18 Agustus 2018

Tradisi Tahunan Sedekah Bumi Desa Mlilir




Grobogan. Radardesa.com.  Ratusan warga desa mlilir Kecamatan Gubuk Kabupaten Grobogan memadati kantor desa guna merayakan acara tahunan "Sedekah Bumi" dalam acara tersebut diadakan lomba membuat gunungan dari hasil panen. Sebelum gunungan dinilai oleh panitia warga diharuskan berkeliling desa untuk memamerkan karya mereka yang di ikuti kepala desa dan masyarakat lain.

Setelah acara keliling desa dilanjut dengan acara ritual memanjatkan puji syukur atas hasil panen melimpah yang dipimpin langsung oleh Sugeng Kepala Desa Mlilir. Dilanjut dengan penilaian gunungan, pemenang gunungan terbaik mendapat hadiah uang tunai sebesar 1 juta rupiah, pemenang ke dua mendapat Rp 300 ribu rupiah dan yang ke tiga mendapat Rp 200 ribu rupiah, setelah usai penilaian warga beramai -ramai saling berebut isi gunungan dan saling lempar nasi tumpeng.

Setelah smua rangkaian acara lomba-lomba dan doa syukur selesai dilanjut dengan acara pagelaran wayang kulit yang digelar di halaman rumah Kepala Desa. Sugeng ( Kades ) mengatakan, acara seperti ini rutin kami adakan setiap tahun, selain untuk bukti syukur kami juga untuk menjaga kerukunan dan kekompakan warga desa mlilir agar tercipta masyarakat rukun dan bisa jadi desa yang makmur "tandasnya". ( Toni Suryanto )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar