Hankam

Hankam

151 Mahasiswa Ikuti Latihan Pendidikan Karakter di Yonif 407/PK


Slawi. Radardesa.com. Kegiatan Latihan Pendidikan Karakter Mahasiswa Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3i) Tegal secara resmi telah ditutup oleh Lettu Inf Darumawan di Aula Kapten Damhuri Amir Yonif 407/PK, dilanjutkan dengan penyerahan Plakat dan Foto kenang-kenangan kepada Management LP3i Tegal, Minggu (02/09).

Kegiatan Pendidikan Karakter yang mengangkat tema "Mencetak Generasi Muda Berjiwa Enterpreneur Dan Profesional Dalam Menghadapi Dunia Kerja" ini diikuti oleh 151 Mahasiswa-mahasiswi dari jurusan Computerized Accounting, Office Management dan Informatika Komputer. Serta dari kepanitiaan berjumlah 34 personel terdiri dari 19 mahasiswa dan 15 dari pihak management LP3i Tegal.

Secara keseluruhan peserta pelatihan digembleng selama dua hari dengan dibekali beberapa materi yaitu Wawasan Kebangsaan, PBB, Yel-yel (pembentukan jiwa korsa), Jelajah Malam, Renungan Malam dan Out Bond. Dan menjelang acara penutupan, diadakan kegiatan lomba PBB dan Yel-yel dari masing-masing kelompok yang telah dibagi.

Dalam sambutannya pada saat acara pembukaan Latihan Pendidikan Karakter pada hari Sabtu 1 September 2018 di Lapangan Mako Yonif 407/PK, Branc Manager LP3i Umi Fadilah Fatoni, SE. MM menyampaikan "Alhamdulillah pada hari ini, kita semua dapat berkumpul di Mako Yonif 407/PK dan melaksanakan kegiatan Pendidikan Karakter atau PSPL (Pengenalan Sistem Pendidikan dan Lingkungan) yang ke-12. Diharapkan pada hari ini sampai dengan selesai, mahasiswa LP3i Tegal dapat melaksanakan pelatihan ini dengan sebaik mungkin," tuturnya.

Lebih lanjut, "Dan ketika nanti sudah masuk ke kampus LP3i Tegal, semua yang didapat oleh mahasiswa dalam pelatihan ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi pelatihan di hari ini bukan berarti harus berakhir dihari ini juga, akan tetapi tingkat kedisiplinan dan kebersamaan yang telah diajarkan semuanya dari pelatih bisa berlanjut dihari-hari berikutnya," begitu imbuhnya.

Disela-sela kegiatan, humas LP3i Tegal Karsim, SE selaku ketua penyelenggara mengucapkan terima kasih kepada pihak Yonif 407/PK yang sudah membantu dalam kegiatan PSPL tahun ajaran 2018-2019 LP3i Tegal. Kegiatan ini adalah kegiatan pelantikan mahasiswa baru untuk mulai aktifitas semester atau kuliah di LP3i yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 September mendatang. Maka dari itu untuk menjadi mahasiswa baru perlu adanya pelantikan yaitu PSPL. "Harapan kami dalam kegiatan ini, mahasiswa yang telah kita didik di Yonif 407/PK akan terbentuk karakter-karakter yang disiplin, siap untuk terjun ke dunia kerja. Karana kebetulan LP3i adalah program pendidikan sistem jaminan penempatan kerja maka dari itu kamai lebih mengarahkan tentang kediplinan sebagai modal dasar dalam bekerja," tuturnya.

Danyonif 407/PK Letkol Inf Enrico Setiyo Nugroho, S.sos., M. Tr (Han) menyampaikan, Pendidikan karakter merupakan proses dalam pembentukan karakter yang dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional dan kepribadian seseorang. Maka dari itu, pendidikan karakter atau pendidikan moral merupakan bagian penting dalam membangun jati diri sebuah bangsa.

Ia menjelaskan, pendidikan karakter ini mempunyai manfaat untuk menciptakan dan menguatkan karakter seseorang. Selain itu untuk meningkatkan serta melatih mental dan moral dari para peserta. Hal ini akan mencegah terjadinya kondisi mental individu yang bermental malas serta moral yang buruk. "Karakter yang kuat akan membuat seseorang menjadi teguh dan kokoh dalam hidupnya. Hal ini akan sangat penting bagi kehidupan bangsa dan bernegara, karena dengan adanya keteguhan ini akan diikuti dengan integritas tinggi dari individu. Integritas inilah yang sangat penting untuk membentuk. Dengan adanya integritas yang tinggi maka seseorang akan mampu untuk menjadi generasi penerus bangsa yang baik dan menjunjung tinggi nilai integritas bagi bangsa dan negara," begitu pungkasnya. (Islamiaty/Giyat)/



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "151 Mahasiswa Ikuti Latihan Pendidikan Karakter di Yonif 407/PK "

Posting Komentar