Ratusan Warga Sambut Antusias Peringatan Hari Jadi ke-36 Desa Mekarwangi - RADARDESA

BREAKING

Senin, 24 September 2018

Ratusan Warga Sambut Antusias Peringatan Hari Jadi ke-36 Desa Mekarwangi


Radardesa-Kuningan,

Ratusan warga tumplek menyambut dengan antusias acara Peringatan Hari Jadi ke-36 Desa Mekarwangi Kecamatan Lebakwangi pada Minggu pagi (23/09). Kegiatan yang diprakarsai Pemerintah Desa itu dipusatkan di halaman kantor balai desa setempat. Agenda tersebut sekaligus bersamaan dengan diresmikannya penggunaan Gedung Serbaguna Balai Desa Mekarwangi oleh Bupati Kuningan,H.Acep Purnama,S.H.,M.H.

Pantauan Radardesa di lokasi,  turut hadir dalam acara itu Wakil Bupati Kuningan, Muhammad Ridho Suganda,  Camat Lebakwangi, Minthareja,AP.,M.Si., Kapolsek, AKP Solehudin serta Danramil setempat, Kapten Inf. Teguh Priatno. Terlihat juga Pjs.Kepala Desa Mekarwangi, Sidik,S.AP. didampingi jajaran perangkatnya, Ketua BPD dan anggota, para pengurus PKK, LPM serta Karang Taruna. Tampak juga sejumlah organisasi lintas sektor, tokoh masyarakat dan para undangan lainnya. Acara peresmian berjalan sekitar jam 10.00.WIB setelah sebelumnya diadakan kegiatan jalan sehat.

Mengawali sambutannya, Pjs. Kepala Desa Mekarwangi, Sidik S.AP. menyampaikan ucapan selamat datang kepada Bupati dan Wakil Bupati Kuningan yang telah hadir ditengah-tengah masyarakatnya."Kehadiran Bapak H Acep Purnama selaku Bupati Kuningan dan Bapak M Ridho Suganda sebagai Wakil Bupati merupakan suatu kehormatan bagi pemerintah desa dan masyarakat Mekarwangi dalam acara penuh sejarah ini,"ucapnya.

Dia mengemukakan,  peringatan Hari Jadi ke-36 Desa Mekarwangi yang digelar saat itu merupakan wujud perhatian dan kepedulian masyarakat terhadap perjalanan sejarah desanya."Kegiatan ini merupakan apresiasi masyarakat terhadap nilai perjuangan dan historis desa sejak berdiri 36 tahun lalu,"terangnya.

Dijelaskan Sidik,  setelah merentasi perjalanan panjang selama puluhan tahun,  hari ini keberadaan Desa Mekarwangi ternyata sudah mampu mensejajarkan diri sebagai desa berkembang sehinga tidak ketinggalan dengan kemajuan desa-desa lain yang berada di Kabupaten Kuningan."Semua ini dapat diwujudkan atas upaya kerja keras seluruh komponen yang ada baik itu pemerintah maupun masyarakat,"tandas pria yang juga bertugas di kantor Kecamatan Lebakwangi itu.

Dia menegaskan,  Desa Mekarwangi sekarang memiliki banyak potensi yang terus bisa diolahkembangkan. Dari data yang dimiliki pihaknya lanjut Sidik, baik dari sisi geografis,  kependudukan,  asset desa , pendidikan, ekonomi maupun kesehatan Desa Mekarwangi mempunyai prospek yang cukup bagus."Kami optimis melalui dukungan kooperatif semua elemen yang ada desa ini akan terus bisa berkembang lebih maju seiring harapan masyarakatnya,"tutur pria familiar ini.

Untuk itu atas nama pribadi dan juga Pjs.Kepala Desa setempat dirinya mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dari seluruh lapisan masyarakat semenjak dirinya menahkodai Desa Mekarwangi beberapa bulan ke belakang."Kami juga secara khusus berterima kasih kepada Bapak Minthareja selaku Camat Lebakwangi yang selama ini terus memberi petunjuk serta bimbingan terhadap pemerintah desa,"ucapnya.

Sidik tetap merendah, ditengah-tengah mulai tumbuhnya dukungan dari warga terhadap pemerintah desa yang dipimpinnya, Dia merasa belum bisa berbuat lebih banyak lagi untuk kemajuan desa tersebut."Dengan segala kekurangan serta keterbatasan yang ada saya hanya terus memiliki semangat membangun yang Alhamdulillah akhirnya mendapat support,"katanya.

Masih dalam kesempatan yang sama,  Dia menyampaikan penghargaan kepada Bupati Kuningan yang berkenan membuka secara resmi dimulainya penggunaan Balai Desa Serbaguna Desa Mekarwangi yang baru selesai dibangun itu."Kami merasa bangga Pak Haji Acep Purnama dapat meresmikan balai desa yang cukup representatif ini,"sambungnya.

Sebelum mengakhiri sambutan, Sidik menjelaskan kegiatan yang digelar saat itu merupakan puncak acara dari serangkaian kegiatan PHBN. Menurutnya, kegiatan yang diselenggarakan berlangsung mulai dari acara memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan RI hingga ke Peringatan Hari Jadi Kuningan."Alhamdulillah seluruh rangkaian acara dapat berjalan lancar serta mendapat sambutan positif dari warga,"pungkasnya tersenyum bangga.

Sementara itu Bupati Kuningan disela-sela sambutannya menyampaikan apresiasi yang luar biasa terhadap pemerintah desa dan masyarakat Mekarwangi. Menurutnya,  kebersamaan serta respon warga terhadap pelaksanaan kegiatan hari ini terlihat pantastis."Hal ini mencerminkan terjadinya hubungan baik antar pemerintah desa dengan masyarakat yang merupakan modal utama bagi sebuah desa jika ingin maju,"tegas Acep.

Kepada Pemerintah Desa Mekarwangi khususnya kepada Pjs.Kepala Desa,  Bupati Kuningan berpesan agar kantor pemerintah desa yang baru diresmikannya itu menjadi pendorong semakin meningkatnya pelayanan terhadap masyarakat."Jadikan balai desa ini sebagai tempat penyelenggaraan pemerintahan yang baik, bersih dan bewibawa,"himbaunya.

Terpisah,  salah seorang tokoh masyarakat setempat, Sartono saat ditemui Radardesa menyatakan rasa syukurnya karena merasa belakangan ini muncul geliat serta semangat yang lahir dari pemerintah desa."Warga terlihat mulai ikut bangkit berperan aktif mendukung berbagai program kegiatan desa,"ungkapnya.

Sehubungan itu, dirinya mengharapkan semangat kebersamaan yang telah dirintis pemerintah desa melalui slogan "Mekarwangi Ngahiji" dapat terus dijaga dan dipelihara bersama."Masyarakat menyambut positif langkah dan peran yang sudah dilakukan Pak Sidik sebagai Pjs.Kepala Desa sehingga terasa adanya perubahan ke arah yang lebih baik,"pungkasnya. * Nacep S.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar