Hankam

Hankam

Pemukulan kentongan tanda berakhirnya TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2018 di Wilayah Kota Tegal

Tegal – Bertempat di halaman komplek SD Negeri Mangkukusuman 2,4,7  Jl. KH. Ahmad Dahlan Kel. Mangkukusuman Kec. Tegal Timur Kota Tegal dilaksanakan Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap III Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018 di Wilayah Kota Tegal dengan Inspektur Upacara Dandenpal IV/1 Purwokerto Letkol Cpl Gunawan Suryono, S.T, Komandan Upacara Danramil 08/Talang Dim 0712/Tegal Kapten Inf Adi Sulistiyo, Perwira Upacara Danramil 21/Tegal Selatan Kapten Inf Sopan. Selasa (13/11)

Upacara diawali laporan Perwira pelaksana TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2018 di Wilayah Kodim 0712/Tegal yang dibacakan oleh Danramil 02/Tegal Timur Dim 0712/Tegal Kapten Inf M. Krisnawan yang dilanjutkan dengan penyerahan alat dan peralatan kerja serta penandatanganan serah terima hasil pekerjaan dari Dandim 0712/Tegal kepada Walikota Tegal serta pemukulan kentongan tanda ditutupnya TMMD Sengkuyung Tahap III di Kota Tegal.
Dalam amanatnya Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono yang dibacakan oleh Inspektur Upacara antara lain menyampaikan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya atas rahmat dan ridho-Nya, kita dapat mengikuti Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 Tahun 2018 dalam keadaan sehat wal’afiat.
Di setiap kegiatan TMMD ini, kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan  serta gotong royong yang terpancar di setiap wajah sekaligus cucuran keringat masyarakat dan aparat yang bersama-sama bekerja di lapangan. hal ini menjadi refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen Bangsa, yang memiliki visi, misi dan tujuan bersama  guna mengatasi berbagai persoalan pembangunan serta problematika kesejahteraan masyarakat.
Kasad selaku Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD, menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para Gubernur, Bupati, Walikota, instansi Kementerian terkait dan khususnya kepada seluruh masyarakat, yang telah bahu-membahu bersama prajurit TNI, mewujudkan pembangunan daerah yang menjadi sasaran pelaksanaan TMMD ke- 103 ini.
Pada pelaksanaan TMMD kali ini kita mengangkat tema “TNI Manunggal Rakyat dalam Mewujudkan Desa yang Maju, Sejahtera dan Demokratis”. Tema ini sejalan dengan visi Pemerintah Pusat melalui kebijakan “Membangun Indonesia dari pinggiran”. Kebijakan ini memberikan kesempatan untuk membantu daerah-daerah yang belum tersentuh pembangunan secara merata, sekaligus sebagai momentum untuk menggelorakan kembali semangat gotong-royong serta memantapkan apa yang Kasad sebut sebagai Imunitas Bangsa.
Dijelaskan bahwa konsep Imunitas Bangsa pada dasarnya merupakan wujud kepedulian dan keprihatinan TNI AD dalam memandang persoalan sosial, yang berakar dari perubahan sikap hidup dan pudarnya nilai-nilai luhur budaya Bangsa, seperti semangat untuk bersatu, menghormati perbedaan, pantang menyerah dan rela berkorban.
Konsep pemikiran ini merupakan salah satu jawaban atas kondisi Bangsa kita yang semakin rentan akan pengaruh buruk modernisasi dan globalisasi, sehingga lebih mementingkan pembangunan fisik dan melupakan bahwa pembangunan nilai juga sama pentingnya, bahkan merupakan kunci kemajuan budaya suatu Bangsa  di tengah kompetisi global dewasa ini.
Kasad juga menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya apabila selama kegiatan TMMD ini terdapat perilaku atau tutur kata prajurit yang kurang berkenan di hati masyarakat. Kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD agar memperhatikan faktor keamanan saat kembali ke induk pasukan masing-masing. Jadikanlah momen kegiatan TMMD ini sebagai pelajaran dan pengalaman tentang bagaimana menjadikan diri kita sebagai bagian dari solusi dan pendorong motivasi bagi rakyat. Karena TNI AD lahir dari rakyat dan mengabdi untuk rakyat.
Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap III Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018 di Wilayah Kota Tegal selesai dilanjutkan dengan peninjauan Stand Bazar hasil kerajinan Warga Kelurahan Mangkukusuman Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal serta peninjauan hasil TMMD. (pendim tegal)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemukulan kentongan tanda berakhirnya TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2018 di Wilayah Kota Tegal"

Posting Komentar