Hankam

Hankam

KPU Kab Tegal berikan materi tentang peran Danramil dan Babinsa dalam menghadapi Tahun politik

Tegal – Terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Pilkades dan Pileg serentak yang disertai oleh tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 mendatang. Jelang pelaksanaan pesta demokrasi ini pihak penyelenggara beserta pihak terkait lainnya berupaya mengantisipasi agar tak terjadi konflik.

Atas dasar itu, para Komandan Koramil (danramil) dan bintara pembina desa (babinsa) di wilayah territorial Komando Distrik Militer 0712/Tegal diminta optimal melakukan deteksi dini terhadap kemungkinan gangguan keamanan terkait dengan tahun politik 2019.  
"Memasuki tahun politik 2019, seluruh Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0712/Tegal diharapkan agar memaksimalkan peran dan perbantuannya untuk melakukan deteksi dini dan cegah dini terhadap situasi yang mungkin muncul sebagai konsekuensi perkembangan politik menjelang pilkada," kata Muhammad Fasihin, SE. MM., Divisi Perdata KPU Kab Tegal pada Apel Danramil dan Babinsa Kodim 0712/Tegal. Selasa (11/12)
Muhammad Fasihin menjelaskan, sebagai aparat kewilayahan, personel Kodim tegal diharapkan untuk membantu aparat Kepolisian dan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam menjaga keamanan dan kelancaran pelaksanaan berbagai tahapan Pilkada serentak, sesuai koridor tugas dan tanggung jawab masing-masing.
Itu sebabnya, ia meminta, Danramil dan Babinsa terus memantau perkembangan situasi di wilayah tugas masing-masing serta melakukan pengawasan terhadap berbagai hal di sekitarnya. "Sehingga setiap kejadian atau setiap peristiwa yang dapat menimbulkan dampak negatif dapat diantisipasi atau dicegah sejak awal," ungkapnya.
Oleh karenanya, para Danramil harus cermat dalam membaca situasi dan memetakan wilayah rawan konflik sehingga dapat mencegah bila terjadi konflik dengan baik. Selain itu, ia mengingatkan, personel satuan kewilayahan harus netral dalam peseta demokrasi mendatang demi terwujudnya pilkada serentak yang aman, damai, dan demokratis, sehingga mampu menghasilkan pemimpin yang baik dan sesuai harapan," lanjutnya. (pendim tegal)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KPU Kab Tegal berikan materi tentang peran Danramil dan Babinsa dalam menghadapi Tahun politik"

Posting Komentar