Lintas Sektoral dan Masyarakat Umum Meriahkan Pengobatan Massal HJK Kodim Brebes - RADARDESA

BREAKING

Rabu, 12 Desember 2018

Lintas Sektoral dan Masyarakat Umum Meriahkan Pengobatan Massal HJK Kodim Brebes

Brebes, Radardesa.com. Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika (HJK) atau Hari Infanteri TNI AD Ke-73 tahun 2018, Kodim 0713 Brebes menggandeng Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Brebes, Pemaron Kecamatan Brebes dan Klinik Pratama Kartika 13/Brebes, menggelar Pengobatan Massal yang mendapat atensi dari 95 orang masyarakat dari berbagai wilayah di Kabupaten Brebes. Rabu (12/12/2018).

Puluhan masyarakat ini dihadirkan para Babinsa Koramil di jajaran Kodim Brebes. Pelayanan kesehatan yang dihadirkan antara lain pengecekan tensi maupun tindakan kuratif untuk mengobati sakit ringan dan keluhan di masyarakat. Untuk kasus berat, warga mendapatkan rujukan ke RSUD Brebes. Penyakit degeneratif seperti darah tinggi, penyakit kulit, batuk dan pilek (common cold) adalah sebagai penyakit mayoritas. Sedangkan penyakit lainnya antara lain maag dan asma, diare dan infeksi saluran pernafasan atas. Ini merupakan salah satu.

Pelayanan gigi oleh drg. Erika Respati (40) dari Puskesmas Brebes juga memperkuat dr. Libra Hendra (30) dokter umum dari Puskesmas Pemaron. Selain pengobatan gratis, kegiatan Donor Darah melalui UTD (Unit Transfusi Darah) PMI Brebes, juga berhasil mendapatkan 102 kantong darah atau pendonor sukses dari 133 orang calon, dengan rincian gol darah A sebanyak 27, B 31 orang, AB 4 orang dan darah O 34 orang. Donatur darah berasal dari anggota Kodim, Pemkab, Polres, berbagai Ormas, FKPPI, Banser, Persit, pelajar maupun masyarakat umum.

Dalam sambutannya, Dandim 0713 Brebes melalui Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Arhanud Nediono menyampaikan bahwa, “Jadi selain dapat menyumbangkan darah bagi kemanusiaan, masyarakat dapat juga berobat maupun cek kesehatan di sini. Kegiatan serupa juga dilaksanakan jajaran TNI di seluruh wilayah Indonesia dalam menyambut Hari Juang Kartika kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah hadir berpartisipasi, termasuk para pelajar,” terangnya.

Terlihat diantara peserta donor, Ketua FKPPI Brebes H. Prasetyo Wibowo dan Camat Wanasari, Nurudin, SH (kemeja putih) ikut mendonorkan darahnya. (pendim0713brebes/Aan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar