Hankam

Hankam

TNI Brebes Lakukan Aksi Ganyang Sampah di Pasar Tumpah Secara Massal

Brebes, Radardesa.comHari Juang Kartika (HJK) Ke-73 Tahun 2018 di Kabupaten Brebes, diperingati TNI Brebes dengan melibatkan segenap komponen masyarakat, dinas pemerintahan maupun kepolisian melalui berbagai macam kegiatan sosial. Mulai dari bantuan kaki palsu, operasi katarak, donor darah, pengobatan massal dan lain-lain, termasuk kegiatan karya bakti pembersihan lingkungan di wilayah Koramil jajaran Kodim 0713 Brebes.


Kali ini sasaran karya bhakti adalah pembersihan saluran air di Pasar Tumpah Belakang Kodim, Jalan Kompol Bambang Suprapto atau disamping Terminal Angkot Type C Brebes, Desa Brebes Lor Kecamatan Brebes. Kamis (13/12/2018).

Bertambahnya sampah secara masif di saluran irigasi ini menimbulkan polemik tersendiri bagi para pedagang maupun masyarakat setempat. Bau, pemandangan yang membuat kumuh serta segi kesehatan sudah barang tentu menjadi bonus bagi lingkungan ini. Selain berasal dari perumahan di hulu, sumber sampah dari aktivitas perdagangan pasar. Kurang sadarnya dalam membuang sampah sembarangan inilah yang coba di gugah TNI Brebes dengan kegiatan pembersihan yang kesekian kalinya ditempat yang sama.

Dijelaskan Dandim melalui Danramil 01, Kapten Infanteri Nurhadi bahwa, “Dalam karya bhakti HJK kali ini, pihak kami bersinergi dengan Polres, Dinas Dinas Lingkungan Hidup Brebes dan Pengelolaan Sampah, Dinas Pengairan dan ESDM, Satpol PP dan Damkar Brebes yang dipimpin Ghozi (54) Kabid Linmas dan Damkar Satpol PP, belasan pelajar SMP Karya Bhakti kelas 11 dan SMA N 3 Brebes serta pihak Pasar Induk Brebes, menggelar bersih-bersih saluran air. Selain membantu dinas terkait dan masyarakat, upaya ini juga untuk menggugah kesadaran warganya maupun para pedagang dan pembeli agar lebih peduli dengan kelestarian lingkungan sungai, terkecil adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan,” ajaknya dalam upaya mitigasi banjir.
Sementara Kepala Pasar Induk Brebes, Muritno menyambut baik dan menyatakan apresiasi serta ucapan terima kasih atas kepedulian Kodim dan seluruh pihak yang telah membantu pembersihan lingkungan pasar. Upaya tersebut tentunya akan sangat bermanfaat dalam menumbuhkan kesadaran majemuk, sehingga tidak hanya mengandalkan dinas terkait saja dalam memerangi sampah. (pendim0713brebes/Aan)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TNI Brebes Lakukan Aksi Ganyang Sampah di Pasar Tumpah Secara Massal"

Posting Komentar