Primkop Kartika E-04 Yonif 407/PK Gelar RAT Tahun 2018

Tegal - Radardesa.com. Bertempat di Aula Kapten Damhuri Amir, Primkop Kartika E-04 Yonif 407/PK menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun 2018. Kegiatan RAT tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Yonif 407/PK Letkol Inf Enrico Setiyo Nugroho, S.Sos., M.Tr (Han) selaku Pembina Primkop Kartika E-04 Yonif 407/PK, Kamis (31/01).

Rapat Anggota Tahunan (RAT) dengan tema "Dengan Semangat Kebersamaan, Profesionalisme Dan Kerja Keras Kita Tingkatkan Pengabdian Sebagai Insan Koperasi Dalam Rangka Pencapaian Tugas Pokok dan Fungsi Koperasi Kartika" dihadiri oleh Komandan Yonif 407/PK Letkol Inf Enrico Setiyo Nugroho, S.Sos., M.Tr (Han) selaku Pembina Primkop Kartika E-04, Wadan Yonif 407/PK Mayor Inf Anta Sihotang, Ketua Primkop Kartika E-04 Yonif 407/PK Lettu Inf Riki Martein beserta segenap pengurus dan anggota. Turut hadir Ketua Persit KCK Ranting 4 Yonif 407/PK Ny. Dewi Enrico beserta pengurus.

Hadir sebagai tamu undangan, Ketua Umum Puskop Kartika Diponegoro Kolonel Inf Agus Subijakto, S.E., M.H, Kebidus Puskop Kartika Diponegoro Letkol Caj (K) Opik Hopiyah, S.H. dan Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal Dra. Suspriyanti, MM.

Dalam sambutannya, Pembina Primkop Kartika E-04 Yonif 407/PK Letkol Inf Enrico Setiyo Nugroho, S.Sos., M.Tr (Han) menyampaikan bahwa rapat anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi, yang pelaksanaannya paling sedikit satu kali dalam satu tahun. Demikian halnya dalam rapat anggota tahunan (RAT) kali ini, pengurus dan pengawas akan menyampaikan tertanggungjawabannya dalam pengelolaan dan pengawasan Primkop Kartika E-04 Yonif 407/PK tutup buku 2018.

Letkol Inf Enrico Setiyo Nugroho, S.Sos., M.Tr (Han)  berharap, agar dalam forum ini untuk seluruh anggota Primkop Kartika E-04 Yonif 407/PK dapat mengemukakan gagasan, saran dan masukan untuk meningkatkan segala daya upaya pengurus guna mencapai tujuan yaitu kesejahteraan anggota. Untuk seluruh pengurus dan anggota Primkop Kartika E-04 Yonif 407/PK harus saling memberikan informasi antara pengurus dengan anggota maupun sebaliknya, sehingga sistem demokrasi berkoperasi berjalan secara sehat dan semua pihak dapat memahami permasalahan dengan baik agar tidak terjadi kesalahpahaman atau apatis disatu pihak.

"Selaku Pembina Primkop Kartika E-04 Yonif 407/PK sekaligus Komandan Yonif 407/PK, saya mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pengurus dan anggota koperasi Primkop E-04 Yonif 407/PK yang telah banyak menyumbangkan saran, pikiran bahkan tenaganya sehingga koperasi mengalami banyak kemajuan yang cukup pesat, baik dalam admunistrasi maupun pelayanan terhadap anggota," begitu pungkasnya

Selanjutnya, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal Dra. Suspriyanti, MM. dalam sambutannya menyampaikan bahwa Primkop Kartika E-04 Yonif 407/PK dalam kegiatan RAT selalu tepat waktu, hal ini menandakan bahwa koperasi ini koperasi bagus dan sehat dalam pengelolaan administrasi karena RAT adalah wujud dari pertanggungjawaban dari pengurus kepada anggota.

"Hasil dari penilaian Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal, untuk Primkop Kartika E-04 Yonif 407/PK dengan skore Penkes 80,70 dengan predikat sehat sesuai dengan poin-poin yang sudah dirumuskan. Mudah-mudahan tahun kedepan perkembangan Primkop Kartika E-04 Yonif 407/PK lebih meningkat lagi dalam membesarkan koperasi," begitu pejelasannya.

"Diharapkan, anggota Primkop Kartika E-04 Yonif 407/PK dapat memanfaatkan barang-barang yanga ada di koperasi agar koperasi lebih berkembang, yang sudah tentu untuk hasilnya akan kembali ke anggota. Sesuai pendiriannya koperasi didirikan adalah dalam rangka untuk kesejahteraan anggota. Selanjutnya saya sampaikan terimakasih, Primkop Kartika E-04 Yonif 407/PK merupakan koperasi yang aktif berpartisipasi dengan kegiatan-kegiatan koperasi di kabupaten Tegal termasuk dalam setiap kegiatan ulang tahun koperasi," pungkasnya.

Usai memberikan sambutan, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal Dra. Suspriyanti, MM. menyerahkan Sertifikat hasil penilaian kesehatan kegiatan simpan pinjam dengan predikat "Sehat" beserta piagam penghargaan atas prestasi dan kinerja koperasi Primkop Kartika E-04 Yonif 407/PK dalam melaksanakan pertanggungjawaban serta pelayanan kepada anggota dengan baik tahun 2018. Dalam kesempatan ini, untuk sertifikat dan piagam diserahkan kepada Komandan Yonif 407/PK selaku Pembina Primkop Kartika E-04 Yonif 407/PK.

Lebih Lanjut, Ketua Umum Puskop Kartika Diponegoro Kolonel Inf Agus Subijakto, S.E., M.H dalam sambutannya menyampaikan bahwa tugas pokok koperasi adalah membantu Komandan Satuan untuk menambah kesejahteraaan dan  moril prajurit.

"Agar koperasi berhasil, maka harus dibuat rencana anggaran pendapatan dan belanja selama setahun kedepa, artinya sebelum RAT ini diselenggarakan kita sudah melaksanakan rencana rapat anggota konsultasi mengenai rencana usaha, modal, pengorganisasian dan mekanisme pelaksanaan. Hal tersebut harus disesuaikan dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, karena 50% keberhasilan itu adalah berawal dari perencanaan yang baik," tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum Puskop Kartika Diponegoro juga menyampaikan pesan dari Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Mochamad Effendi, S.E., M.M. mengenai Usipa. Untuk prajurit apabila membutuhkan uang, dipersilahkan untuk meminjam ke kopersi, karna untuk keuntungan/kesejahteraan akan kembali ke anggota, tentunya dengan prosedur yang sudah ditentukan.

"Selanjutnya, pesan Pandam IV/Diponegoro adalah mengenai rumah. Hal ini menjadi perhatian khusus pimpinan Angkatan Darat (AD), dengan adanya Badan Pengelola Tabungan Wajib Perumahan (BPTWP) maka untuk prajurit dapat mengajukan perumaham melalui BPTWB tersebut dengan alokasi di seluruh wilayah Indonesia. Jangan sampai prajurit tidak memiliki rumah pribadi, untuk prajurit sudah difasilitasi dengan BPTWP dengan prosedur mudah dan potongan/angsuran yang ringan," punkasnya.
Diakhir acara, Ketua Primkop Kartika E-04 Yonif 407/PK menyerahkan bantuan dana sosial kepada Persit yang diterima langsung oleh Ketua Persit Kartika Candra Kirana Ranting 4 Yonif 407 Ny. Dewi Enrico dan Sarana Ibadah untuk Batalyon dan Kipan C Yonif 407/PK yang diterima oleh Pabintal Yonif 407/PK serta bantuan dana olahraga untuk Batalyon yang diwakili oleh Dansi Mayon Yonif 407/PK. (Giyat/Dasuki)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Primkop Kartika E-04 Yonif 407/PK Gelar RAT Tahun 2018"

Posting Komentar