Awetkan Badan Jalan Cinanas Bantarkawung Brebes, TPT dan Riol Dimaksimalkan - RADARDESA

BREAKING

Minggu, 10 Februari 2019

Awetkan Badan Jalan Cinanas Bantarkawung Brebes, TPT dan Riol Dimaksimalkan


Brebes, Radardesa.com – Banyak kepentingan yang menyangkut kesejahteraan hidup yang layak membuat warga masyarakat Desa Cinanas Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes, membuat mereka membagi tugas antara urusan dapur dengan membantu TNI membangun sarana pendukung jalan TMMD Sengkuyung I 2019.


Terlihat, baik tua-muda maupun laki-perempuan, bersinergi dengan para teknisi dan Babinsa Koramil 12 Bantarkawung Kodim 0713 Brebes dalam melanjutkan pekerjaan sebelumnya, karya bakti TMMD hari keempat. Termasuk Danramil, Kapten Armed Zaenal Abidin. Minggu (10/2/2019).

Diterangkan Danramil, untuk hasil yang dicapai dalam pembuatan TPT (Talud Penahan Tanah) sehari sebelumnya (9/2) adalah, di ruas I 13 meter tinggi 0,5 - 2,5 meter di Dusun Kalijambe tercapai 95 % dan talud sepanjang 17 meter tinggi 0,5 - 2,5 meter baru tercapai 40 %. Selanjutnya adalah talud di ruas VI dengan Volume panjang 18 meter tinggi 1 meter terealisasi 60 %.

“Progres ini berhasil diraih karena tingginya antusias masyarakat Dusun Kalijambe yang harian kurang lebih 30 orang dalam membantu pihak kami yang berjumlah 16 orang. Saya mengapresiasi perangkat dusun dan desa, karena telah menggerakkan warganya secara terjadwal tergilir,” ungkapnya.

Ditambahkannya, akses tersebut merupakan sarana penghubung antar dusun yaitu Kedung Nanas dengan Karangsengon melewati Kalijambe. Begitu vitalnya bagi peningkatan ekonomi atau pemasaran hasil bumi, kesehatan dan pendidikan, perlunya adanya upaya pengawetan badan jalan dari gerusan air hujan sehingga talud dan gorong-gorong (riol) menjadi sasaran TMMD. Untuk saluran drainase juga diupayakan sebagai sasaran tambahan program.

“TPT sangat penting dalam untuk menahan badan jalan, sedangkan gorong-gorong guna mengalirkan air hujan dari perbukitan agar tidak melintasi jalan. Cukup pengendara saja yang melintas jalan,” selorohnya. (Aan0713/Dade).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar