Hankam

Hankam

Kodim 0712/Tegal kembali Tingkatkan Ketrampilan melalui Uji Trampil Perorangan

Tegal - Kodim 0712/Tegal kembali tingkatkan kemampuan melalui Ujian Trampil  Perorangan, bertempat di Makodim 0712/Tegal, Rabu (08/02/2019)


 Uji Terampil Perorangan Umum (UTP Umum) yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, mulai tanggal 6 s.d 8 Pebruari  2019, kegiatan tersebut di ikuti oleh 333 anggota Kodim terdiri dari 291 Bintara dan 42 Tamtama serta 20 penguji dan pendukung Kodim 0712/Tegal.

Selama ini masyarakat awam hanya mengetahui bahwa sebagai seorang prajurit hanya dituntut secara kemampuan jasmaninya saja, akan tetapi sebenarnya secara ketrampilan peroranganpun juga dituntut untuk dikuasai, untuk membina dan meningkatkan ketrampilan prajurit.

Uji terampil perorangan tersebut terdiri atas keterampilan pengetahuan dasar militer sesuai kepangkatan dengan uji ketrampilan melalui materi BPUP 1 samapi dengan BPUP 7.

Kapten Arm Sinai selaku wakil pimpinan UTP mengatakan, UTP tersebut dilaksanakan setiap tahun sekali dan sebelumnya didahului dengan Latihan perorangan guna mengasah dan mengingat kembali dasar-dasar dari seorang militer supaya lebih profesional dalam menjalankan tugas kesehariannya.

Lebih lanjut, Bintara Tinggi Operasi Kodim 0712/Tegal Peltu Joko Wagimin mengajak kepada anggotanya peserta UTP untuk mengikuti apa yang telah direncanakan oleh Stafops Kodim 0712/Tegal serta walaupun latihan ini bersifat rutin setiap tahun tapi jangan ada yang tidak serius bahkan main main, tandasnya.

Uji Terampil Perorangan Umum itu sendiri bertujuan untuk menguji kemampuan perorangan yang dimiliki oleh setiap Prajurit sesuai dengan kecakapan SJM (Standarisasi Jabatan Militer) yang dimiliki serta didapatkannya suatu data kualitatif yang valid tentang pemahaman dan penguasaan prajurit terhadap pengetahuan dan keterampilan umum sesuai tingkat kecakapan untuk kepentingan pembinaan personel dan pembinaan latihan.

Sebelum pelaksanaan Uji Terampil Perorangan (UTP) Wakil Pimpinan UTP juga menuturkan, bahwa Uji Terampil perorangan ini bertujuan untuk mengingatkan dan meningkatkan keterampilan serta kecakapan secara perorangan untuk mencapai kualifikasi keterampilan. Latihan ini dilaksanakan supaya anggota TNI, mampu melaksanakan tugasnya sesuai dengan bidangnya masing-masing (profesional dan proporsional).

Tingkat kemampuan yang harus dimiliki oleh Prajurit Teritorial mulai dari pangkat Prajurit Dua sampai dengan Pembantu Letnan Satu perlu diuraikan secara rinci menurut macam dan jenis kemampuan berdasarkan tugas dan tanggung jawabnya. Untuk memudahkan didalam pembinaan kemampuan tersebut maka setiap materi pengetahuan dan keterampilan dijabarkan dalam tugas – tugas sesuai golongan kepangkatan sehingga memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap tugas pokok. (Red.Nur-Pendim)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kodim 0712/Tegal kembali Tingkatkan Ketrampilan melalui Uji Trampil Perorangan "

Posting Komentar