TNI AD - Pengukuhan Anggota Baru Saka Wira Kartika Koramil 14/Banjarharjo - RADARDESA

BREAKING

Minggu, 10 Maret 2019

TNI AD - Pengukuhan Anggota Baru Saka Wira Kartika Koramil 14/Banjarharjo

Brebes, Radardesa.com  - Markas Koramil 14/Banjarharjo menjadi tempat pelaksanaan pelantikan 69 anggota baru Saka Wira Kartika. Kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu-Minggu, 9-10 Maret 2019 ini didahului dengan pembekalan materi Krida Navigasi Darat, Krida Pioneering, Krida Mountainering, Krida Survival, Krida Penanggulangan Bencana, pemberian wawasan kebangsaan, dan pentas seni serta renungan malam. Minggu (10/03/2019).


Semua kegiatan dijalankan menggunakan sistem pamong dan prinsip-prinsip metode pendidikan kepramukaan. Tujuannya tidak lain untuk mengembangkan dan membina watak, mental, moral, jasmani, bakat, pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan para anggota.


Anggota baru yang dikukuhkan adalah dari SMAN 1 Banjarharjo jumlah 34 orang terdiri dari Putra 14 orang dan Putri 20 orang serta SMK Al-Ikhlas Pende jumlah 8 orang yaitu 4 Putra & 4 Putri dan 27 Dewan Saka.


Sebagai pelatih, Danramil Kapten Inf Agus Sulistyo menugaskan 2 anggotanya dan 27 Dewan Ambalan yang dipimpin oleh Sertu Sagiman. Tanpa kesulitan berarti, semua materi kegiatan dapat diterima dengan baik oleh peserta hingga dilaksanakannya pengukuhan.


Kapten Inf Agus, saat dikonfirmasi menyatakan bahwa kegiatan tersebut memang sudah direncanakan dengan baik beberapa waktu lalu, termasuk menunjuk 2 personel yang dinilai mampu menjadi pelatih. Hal tersebut di samping sebagai program yang telah ditentukan oleh komando atas, juga sebagai bagian dari pembinaan teritorial dari koramil yang dipimpinnya. Lebih khusus lagi, kegiatan ini dimaksudkan sebagai pembinaan perlawanan wilayah dengan memantapkan bela negara generasi muda melalui Pramuka.


Tidak berbeda dengan apa yang ditegaskan oleh Kapten Agus, Komandan Kodim 0713/Brebes, Letkol Inf Faisal Amri, S.E. saat dikonfirmasi juga menyatakan bahwa Pramuka Saka Wira Kartika bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan sikap bela negara di kalangan pelajar dan generasi muda. Karenanya, setiap kegiatan Saka yang dibentuk lewat kerja sama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat tersebut harus dilaksanakan dengan baik dan berstandar nasional.


”Ini adalah salah satu wadah generasi muda dan pelajar untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat,” tegasnya. Hal ini juga sejalan dengan gerakan pramuka dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga pendidikan luar sekolah yang bertujuan untuk menunjang kemantapan pertahanan negara.


Melalui materi-materi tersebut, para anggota akan mendapat pendidikan kepramukaan sekaligus pemantapan wawasan kebangsaan dan bela negara. Kedepannya, diharapkan para lulusan dapat menjadi relawan saat terjadinya bencana alam serta memiliki bekal dalam meniti masa depan sebagai generasi bangsa. (Utsm0713)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar