Hankam

Hankam

Ceramah Kesehatan Perempuan Sadar Vagina (PSV) kepada anggota Persit KCK Cab XXII Dim 0712/Tegal

Tegal – Persatuan Istri Tentara Persit KCK Cab XXII Dim 0712/Tegal dan Jalasenastri Lanal Tegal mendapatakan pengetahuan kesehatan dengan diberikannya Ceramah Kesehatan bertajuk “Perempuan Sadar Vagina” (PSV) yang disampaikan oleh dr. Inge Satyo Ariyanto Founder PSV dan Bagus Setiawan, M.Si., Apt. Co Founder PSV di aula Kodim 0712/Tegal. Senin (11/03)

Ny. Sandra Ricahrd Y.S selaku Ketua Persit KCK Cab XXII Dim 0712/Tegal menyampaikan bahwa kegiatan ini akan sangat bermanfaat khususnya untuk anggota Persit Kodim 0712/Tegal, karena dengan ini akan didapatkan ilmu dan pengetahuan tentang cara merawat dan menjaga kesehatan organ intim wanita, oleh karena itu diharapkan agar kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menimba ilmu tentang cara menjaga kesehatan organ intim wanita tersebut.
Terkait dengan tema “Perempuan Sadar Vagina”, Founder PSV dr. Inge Satyo Ariyanto menjelaskan, bahwa sejauh ini tidak banyak wanita secara khusus merawat organ vitalnya tersebut. Padahal, vagina adalah organ reproduksi yang membutuhkan perlakuan khusus. Karena vagina merupakan barang potensial untuk memperkuat ketahanan keluarga. Mengingat faktor seksual merupakan salah satu hal yang mempengaruhi ketahanan keluarga.
“Organ reproduksi tersebut adalah aset yang harus dijaga dan dirawat agar bersih, sehat, elastis, kencang, dan menua lebih lama. Deteksi dini terhadap kemungkinan kanker mesti dilakukan secara rutin dengan melakukan pemeriksaan Pap Smear dan Iva Test. Dan, hati-hati terhadap produk yang mengandung sediaan kimia. Karena dikhawatirkan justru mengganggu keseimbangan flora normal atau bakteri baik yang ada di vagina,” pungkasnya.
Secara umum, kesehatan reproduksi wanita tidak cuma ditentukan oleh kondisi fisik yang bebas penyakit, melainkan bagaimana seseorang mampu memiliki organ dan kehidupan seksual yang normal. Tidak dapat diingkari, di sanalah tempat vagina, leher rahim, ovarium, hingga saluran tuba yang berfungsi penting dalam proses pertumbuhan embrio.
Pada banyak kasus, bagian tubuh kaum hawa inilah yang justru paling rentan terserang penyakit. Mulai dari risiko iritasi, infeksi, hingga kanker serviks, penting bagi para wanita untuk memahami dan menjaga kesehatan organ reproduksinya dengan baik dan benar.
“Jagalah kebersihan organ reproduksi Anda, dengan membersihkannya setelah buang air kecil atau besar; mengganti celana dalam minimal dua kali sehari; hingga menggunakan panty liner saat keputihan. Adapun tingkatkan lagi kebersihan, terutama ketika siklus menstruasi berlangsung. Selain itu, sering mengganti pembalut untuk memastikan area vagina bersih dan steril dari bakteri,” ungkapnya.
Selain dilaksanakannya kegiatan ceramah kesehatan Perempuan Sadar Vagina (PSV) dan tanya jawab seputar alat reproduksi wanita, juga dilaksanakan penyematan “Pin” Duta/Agen Perempuan Sadar Vagina (PSV) oleh Founder PSV dr. Inge Satyo Ariyanto kepada Ketua dan Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cab XXII Dim 0712/Tegal. (ats)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ceramah Kesehatan Perempuan Sadar Vagina (PSV) kepada anggota Persit KCK Cab XXII Dim 0712/Tegal"

Posting Komentar