Kasdim 0712/Tegal Hadiri Peringatan hari TBC ( Tuberkulosis ) dan Deklarasi Desa ODF ( Open Defecation Free /Stop Buang Air Besar sembarangan )

Slawi - Bertempat di Alun-alun Hanggawana Kecamatan  Slawi Kabupatwn Tegal telah di laksanakan Peringatan hari TBC dan Deklarasi Desa ODF oleh Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie, acara di selenggarakan oleh Pemkab Tegal.Minggu (24/3)

Peringatan hari TBC dan Deklarasi Desa ODF dihadiri oleh Wakil Bupati Tegal Sabilillah  Ardie, Msc,  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten  Tegal dr Hendardi Setidaji, M.Kes , Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf Ahamad Aziz , Wakapolres Tegal Kompol Ariyanto Salkery SIK , Camat dan OPD jajaran Pemkab Tegal, Kepala UPTD Puskesmas Se Kab Tegal, Kepala Desa se Kab Tegal, Perwakilan ormas kab tegal ,Pengunjung Car Fre Day. 

Dari total 287 desa atau kelurahan di Kabupaten Tegal, tercatat 111 desa yang dinyatakan bebas ODF atau Open Defecating Free. Sementara itu, Kecamatan Kedungbanteng menjadi satu-satunya kecamatan yang bebas buang air besar sembarangan. 

Pencapaian hasil tersebut, diapresiasi Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardie, dengan diberikan piagam penghargaan kepada 64 perwakilan desa dan satu kecamatan yang sudah ODF. Penghargaan itu diberikan secara langsung oleh Ardie saat acara Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia dan Pencanangan Desa ODF, di Alun-alun Hanggawana, Slawi .

“Saya bangga sekali, itu sangat luar biasa. Ada satu kecamatan yang benar-benar sudah ODF,” tegasnya.

Pun demikian, Ardie mengingat pernyataan yang disampaikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat melantik Walikota Tegal, Sabtu kemarin. Bahwasanya, Kepala Daerah harus terus menggalakkan masyarakat dalam hidup sehat seperti tidak membuang air besar sembarangan. Sehingga tidak hanya Kabupaten Tegal bebas ODF tetapi Jawa Tengah sekaligus.

“Masyarakat harus sadar, harus ikut berpartisipasi membantu warganya, saudaranya, utamanya mereka yang tidak mampu dan belum memiliki akses jamban sehat,” pesan Ardie.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Hendadi Setiadji berharap semua masyarakat menyadari pentingnya perilaku hidup sehat. Salah satunya adalah tidak boleh membuang air besar sembarangan. 

“Kami terus berupaya dalam mengkampanyekan perilaku hidup sehat. Harapannya bulan Desember 2019 nanti Kabupaten Tegal bebas ODF,”harap Hendadi
                                               
Diera millennial menset kita saat ini untuk tidak membuang air besar sembarangan,  terimaksih kepada Babinsa kodim 0712/Tegal dan Babinkamtibmas Polres Tegal yang telah ikut membantu masyrakat Kab Tegal untuk tidak membuang air besar sembarangan. 

Dalam kesempatan baik ini juga dilakukan ikrar bersama atau deklarasi bersama dalam mewujudkan Kabupaten Tegal tahun 2019 bebas ODF. Ikrar itu dibacakan oleh Camat Kedungbanten.(Heripen)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kasdim 0712/Tegal Hadiri Peringatan hari TBC ( Tuberkulosis ) dan Deklarasi Desa ODF ( Open Defecation Free /Stop Buang Air Besar sembarangan )"

Posting Komentar