Hankam

Hankam

Yonif 407/PK Gelar Tradisi Penerimaan Prajurit Baru


Tegal,- Radardesa.com. Bertempat di Mako Yonif 407/PK, Komandan Yonif 407/PK Letkol Inf Enrico Setiyo Nugroho, S.Sos., M. Tr (Han) memimpin acara tradisi penerimaan prajurit baru. Prajurit baru yang mengikuti tradisi berjumlah 45 personel terdiri dari 1 Perwira dan 44 Tamtama Remaja, Sabtu (02/03/2019).

Sebelum kegiatan dilaksanakan, secara keseluruhan prajurit baru melaksanakan pemeriksanaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan oleh tim medis anggota Peleton Kesehatan Kima Yonif 407/PK yang dipimpin langsung oleh Danton Kesehatan Yonif 407/PK Letda CKM Ade Irwan.

Kegiatan tradisi diawali dengan kegiatan Long Mars sejauh 20 Km dari titik start Gedung Olah Raga (GOR) Trisanja Slawi menuju Kesatrian Yonif 407/PK dengan melewati pos-pos yang diisi dengan beberapa uji materi seperti PBB, beladiri militer Yongmoodo dan gerakan perorangan (Gerper). Para prajurit muda ini dibekali dengan perlengkapan helm baja, ransel korea, dan togel rof.

Kegiatan Long Mars berakhir dititik finish depan Mako Yonif 407/PK, dilanjutkan penghormatan berjajar dan penyambutan oleh para Prajurit Petarung Yoniuf 407/PK. Seusai memasuki Mako Yonif 407/PK, kegiatan dilanjutkan dengan upacara tradisi penerimaan anggota baru.

Acara Tradisi dihadiri oleh Komandan Yonif 407/PK selaku Komandan Acara, Wakil Komandan Yonif 407/PK Mayor Inf Anta Sihotang, S.Sos, para Perwira Seksi Yonif 407/PK, para Komandan Kompi Yonif 407/PK beserta anggota. Turut hadir Ketua Persit Kartika Candra Kirana Ranting 4 Yonif 407 Ny. Dewi Enrico beserta pengurus dan beberapa anggota.

Acara tradisi diawali dengan pernyataan penerimaan prajurit baru oleh Danyonif 407/PK selaku Komandan Acara, dilanjutkan dengan penyiraman air kembang dan pemberian air kelapa muda. Kemudian dilanjutkan dengan penciuman Tunggul Padmakusuma dan pembacaan Ikrar Prajurit Padmakusuma. Rangkaian kegiatan tradisi diakhiri dengan sambutan Komandan Acara serta doa sebagai penutup.

Dalam sambutannya, Letkol Inf Enrico Setiyo Nugroho, S.Sos., M. Tr (Han) selaku Komandan dan mewakili keluarga besar Yonif 407/PK menyampaikan ucapan selamat datang di sarang petarung Yonif 407/PK kepada seluruh prajurit baru. Tradisi penjemputan dan penerimaan prajurit baru di Satuan Yonif 407/PK ini merupakan acara tradisi yang wajib dilaksanakan bagi personel yang baru masuk di Satuan Yonif 407/PK. Untuk selanjutkan prajurit baru akan mengikuti kegiatan Latorlan yang sudah dijadwalkan. Hal ini tidak lain adalah untuk membentuk karakter dan jati diri sebagai "Prajurit Petarung Padmakusuma"  yang kuat, hebat dan profesional.

"Acara tradisi ini adalah salah satu upaya dalam menumbuhkan jiwa korsa prajurit, menanamkan rasa kebanggaan, memiliki dan mencintai, dan bertanggung jawab terhadap keberadaannya di satuan baru yaitu Yonif 407/PK. Serta yang tak kalah pentingnya agar dapat memberikan prestasi yang terbaik bagi satuan sehingga dapat mengharumkan nama satuan Yonif 407/PK," ungkapnya.

"Kewajiban bagi prajurit baru adalah selalu berbuat yang terbaik, raih prestasi, junjung tinggi nama baik satuan serta dapat jauhi dan menghindari pelanggaran dalam bentuk dan sekecil apapun karena pelanggaran akan memberikan efek yang negatif bagi prajurit maupun satuan," tegas Danyonif 407/PK.

Komandan Yonif 407/PK berharap, semoga seusai tradisi ini untuk anggota baru dapat memperbaiki sikap dan meningkatkan kedisiplinan sebagai Prajurit Padmakusuma. Dapat menyatukan visi dan misi, memahami makna lambang dari kesatuan yaitu Padmakusuma.

"Padmakusuma adalah lambang satuyan Yonif 407/PK yang berpedoman kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta pokok-pokok kebijakan pimpinan dan protap satuan Yonif 407/PK. Dengan demikian bagi prajurit yang baru memasuki satuan Yonif 407/PK dapat memberikan karya terbaik bagi kemajuan satuan, negara dan bangsa." tuturnya.

Selanjutnya, Danyonif 407/PK berpesan agar prajurit baru dapat segera menyesuaikan diri, mengenali dan memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing sesuai jabatan yang nantinya akan diemban. Mulai dari sekarang dapat menanamkan jiwa petarung Padmakusuma di dalam diri masing-masing, segera kenali tugas dan tanggung jawab perorangan serta hormati senior-senior yang lebih dahulu masuk di satuan Yonif 407/PK.

"Kepada para senior yang telah lebih dahulu masuk disatuan ini, saya juga berpesan agar dapat membimbing junior-juniuor yang baru masuk. Beritahukan aturan-aturan dan ilmu-ilmu yang belum mereka ketahui. Berikan contoh yang benar sesuai aturan yang berlaku serta perlakukan mereka sebagai rekan kerja yang nantinya akan melaksanakan tugas bersama-sama dengan kita karena bagaimanapun juga mereka adalah rekan sekaligus saudara kita yang wajib kita bina dan arahkan," begitu pungkasnya. (Giyat/Dasuki)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yonif 407/PK Gelar Tradisi Penerimaan Prajurit Baru"

Posting Komentar