Pesan Kasdim Kepada Para Babinsa Brebes Dalam Membina Desa - RADARDESA

BREAKING

Selasa, 09 April 2019

Pesan Kasdim Kepada Para Babinsa Brebes Dalam Membina Desa

Brebes, Radardesa.com – Brebes – Ratusan Babinsa dari 17 Kecamatan di wilayah Kabupaten Brebes, rutinitas dibekali materi Binsiap Apwil dan Puanter (Pembinaan Kesiapan Aparat Wilayah dan Kemampuan Teritorial) dengan tujuan guna meningkatkan kesiapan pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat.

Acara dibuka Kasdim 0713 Brebes, Mayor Infanteri Edwin Samma Baratiku, dengan menyampaikan beberapa arahan tentang pentingnya 5 (lima) kemampuan teritorial, di Aula Jenderal Soedirman Makodim, Selasa (9/4/2019).


Diterangkannya bahwa, Babinsa yang ada di Koramil-Koramil jajaran Kodim merupakan pembina wilayah terdepan serta gelar kekuatan TNI-AD yang sangat strategis dalam hal menjaga keamanan serta membantu pemerintah dibidang pembangunan khususnya peningkatan kesejahteraan maupun memberikan bantuan penanganan bencana alam.

“Ini guna menyamakan persepsi dan tindakan dalam menjalankan tugas pembinaan teritorial sehingga lebih optimal, efektif dan efisien melalui integrasi dengan komponen masyarakat lainnya, agar tidak terjadi keraguan saat mengaplikasikannya di lapangan” ucapnya.

Lebih lanjut diterangkannya, peran keluar adalah membantu aparat pemerintah dalam mencapai sasaran-sasaran pembangunan sehingga terwujud ketahanan nasional yang dinamis dalam menghadapi setiap ancaman, mendorong partisipasi aparatur pemerintah dan masyarakat dalam menciptakan kondusifitas wilayah.

“Sedangkan penjabaran sederhananya adalah pendekatan kepada masyarakat baik secara langsung maupun tak langsung yang arahnya mendinamisasi serta memotivasi masyarakat khususnya pedesaan untuk berpartisipasi dalam pembangunan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini juga Kasdim berpesan agar prajurit di lapangan dalam membina wilayah mengedepankan sikap bergaul dengan implementasi dari 8 wajib TNI, yaitu tegur sapa, murah senyum, rasa hormat, menyesuaikan diri dari setiap lapisan masyarakat, menjunjung adat istiadat setempat, positif dalam tata susila, aktif mengikuti kegiatan keagamaan setempat, ringan tangan membantu kesulitan warga binaannya serta ringan melontarkan apresiasi (terima kasih) maupun motivasi. (Aanbrebes/Dade).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar