Bersama Koramil Talang, Puskesmas Kaldawa sukseskan program ODF - RADARDESA

Selasa, 28 Mei 2019

Bersama Koramil Talang, Puskesmas Kaldawa sukseskan program ODF


Talang - Serda Arif Solikin yang mewakili Danramil 08/Talang menghadiri Undangan Sosialisasi ODF (Open Defecation Free) yang diselenggarakan di Aula Balaidesa Kaladawa Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Senin (27/05)

Selain Camat Talang Drs Muhammad Domiri kegiatan tersebut juga dihadiri Dinkes Kab Tegal Nuryadi Skm, Kepala Puskesmas Kaladawa Talang Saparudin S.Km, Pj Kades Kaladawa Tasmudi, Kapolsek Talang di Wakili Bripka Aris serta Kader Kesehatan Desa Kaladawa dan Desa Bengle.
Pada sambutannya Camat Talang menyampaikan Desa Kaladawa Kec Talang Adalah Salah satu Desa yang melakukan Deklarasi ODF, “Oleh karenanya kami berharap serta menghimbau untuk warga masyarakat terutama di Desa Kaladawa kedepanya tidak lagi buang air besar sembarangan baik di tegalan, parit, sungai atau ditempat-tempat lainnya”, tegasnya.
Kepala Puskesmas Kaladawa Talang juga menegaskan agar Pro aktif melaksanakan pendataan sebagai upaya tindak lanjut dari kegiatan ODF ini. “Sehingga di Tahun 2019 yang akan datang diharapkan seluruh desa yang ada di Kecamatan Talang terhindar dari ODF seluruhnya, menyampaikan bahwasanya perilaku buang air besar sembarangan (BABS/Open defecation) termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat.
Dikatakan juga oleh Babinsa bahwa jauh-jauh hari sebelumnya pihak TNI – AD sudah menggalakan program pembuatan sejuta jamban (Jambanisasi) melalui pelaksana dilapangan oleh para Babinsa selaku satuan teritorial (Satkowil). “Mengingat banyak ditemukan di masyarakat masih ada yang belum memiliki Jamban yang disebabkan karena keterbatasan biaya, sehingga dengan hal tersebut terkait kemanunggalan TNI dengan Rakyat maka kepedulian pihak TNI membuat terobosan dengan Program Sejuta Jamban”, jelasnya.
Deklarasi Open Defecation Free (ODF) yang saat ini berlangsung di Desa Kaladawa merupakan satu hal yang luar biasa karena tidaklah mudah untuk menjadikan desa atau masyarakat desa membuang air besar di Jamban namun hari ini bisa dibuktikan oleh Puskesmas Talang. “Kedepannya kami selaku Komando Kewilayahan yang mempunyai tanggungjawab melaksanakan pembinaan teritorial (Binter) di wilayah berharap kerjasamanya dengan Puskesmas Kaladawa Talang sehingga di tahun 2019 seluruh desa yang ada di kecamatan Talang bisa mendeklarasikan ODF seperti yang diharapkan Bapak Camat Talang,” pungkasnya. (ats)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar