Panen Padi, Ardie Turun Langsung di Sawah Demplot - RADARDESA

Jumat, 17 Mei 2019

Panen Padi, Ardie Turun Langsung di Sawah Demplot


Tarub - Hadir dalam sosialisasi pupuk nutrisi Wijayakusuma di Desa Bulakwaru jumat (17\5), Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie didampingi Komandan Kodim 0712/Tegal Letkol Inf Richard Arnold Yeheskiel Sangari,S.E.,M.M. memanen padi di sawah Demontration plot (lahan percontohan). Nutrisi Wijayakusuma sendiri merupakan hasil kerjasama antara Kodim 0712/Tegal dengan Yayasan  Berlian Nusantara Lestari.
"Saya penasaran dari 1,5 bulan yang lalu, hari ini saya lihat sendiri dari ketinggian dan warna tanaman sudah berbeda" Ujar Wakil Bupati.

Ia berkata demikian karena dirinya bukan ahli bidang pertanian, jadi melihat dari kasap mata.

Terbukti oleh pemaparan Dinas pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal, dari sample 3 petak Ubinan 2,5 m² menghasilkan rata-rata 4,68 kg\petak ubinan. Kurang lebih 7,488 ton\Ha setelah sebelumnya hanya menghasilkan 6,5 ton\Ha.

Menurut Ardie jika memang hasilnya demikian ada peningkatan, ia meminta kepada Kodim 0712/Tegal untuk mengujicoba ditanaman sayur dan tanaman keras. Karena diwilayah Kabupaten Tegal bagian selatan mayoritas petaninya menanam sayur, kata Ardie.

Senada dengan Wakil Bupati Tegal Komandan Kodim 0712 Letkol Inf Richard Arnold Yeheskiel Sangari mengatakan pihaknya telah menyiapkan beberapa Demplot untuk beberapa jenis tanaman. Dandim mengambil contoh di Dukuhturi, pihaknya menguji nutrisi Wijayakusuma pada tanaman bawang. Berbeda dengan dukuhturi, di suradadi pihaknya menguji pada tanaman bunga melati. Serta dibojong nutrisi ini diujikan pada tanaman cengkeh, dan hasilnya memuaskan."teranngay.

Sementara itu Ketua Yayasan Berlian Nusantara Lestari Agus Wardana mengatakan, kami akan mensupport pupuk ini gratis bagi petani yang mau bekerjasama. Dengan sebelumnya mendatakan secara jujur hasil rata-rata lahan sebelum memakai Nutrisi Wijayakusuma, selisih kenaikan hasil ini yang nanti akan di bagi dengan petani dan yayasan. (Heri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar