Tiga Perangkat Baru Desa Ujungrusi Lantik - RADARDESA

Minggu, 02 Juni 2019

Tiga Perangkat Baru Desa Ujungrusi Lantik



Slawi - Radardesa.com. Kepala  desa Ujungrusi Moh. Faozi Sabtu (31/6/2019) melantik dan mengambil sumpah janji jabatan perangkat desa. Kegiatan yang berlangsung pendopo balai desa ini dihadiri camat Adiwerna Moh, Natsir, Kapolsek Adiwerna AKP Suparman dan Danramil Kapten Inf. Suswantoro., Ketua BPD  A. Zarkoni dan ketua panitia pengangkatan perangkat desa Ujungrusi tahun 2019 Tarmudi.

Pembacaan surat keputusan pengangkatan perangkat desa dilingkungan Pemdes Ujungrusi oleh ketua BPD A. Zarkoni.   Dilanjut  pengambilan sumpah janji jabatan oleh Kades Moh. Faozi. A. Zarkoni. Mendasari Surat Keputusan Kepala Desa Ujungrusi Nomor 141/16/VI/2019 tertanggal 1 Juni 2019 ditetapkan  Amal Purnomo Salim sebagai Kasi Pemerintahan. Sementara Makdum Efendi menduduki posisi Kasi Kesejahteraan serta  Nuryani Kasi Tata Usaha dan Umum.   

Kades Moh. Faozi dalam kata sambutannya meminta tiga perangkat desa yang baru untuk segera berdaptasi dengan lingkungan kerja. Karena bekerja di pemerintahan desa  harus memiliki mental yang kuat, tidak mengenal tempat dan waktu. Disamping selalu bersentuhan langsung dengan masyarakat. “ Dalam melayani masyarakat tidak mengenal tempat bisa dikantor bisa dirumah. Dan tidak mengenal waktu bisa jam kerja dikantor namun tidak sedikit yang mendatangi  rumah pamong desa diluar jam kerja” ujarnya.
 
Dibagian lain diharapkan ada kerjasama yang baik antar sesama perangkat desa sehingga cita – cita mewujudkan masyarakat yang  maju dan sejahtera  cepat terwujud. “ Disamping segera melakukan adaptasi dengan lingkungan kerja, perangkat baru harus banyak belajar dan meminta bimbingan dari para seniornya” harapnya

Mengawali sambutannya camat Adiwerna Moh. Natsir menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas dilantiknya tiga perangkat desa baru. Dikatakan keberhasilan yang dicapai sehingga lulus diterima menjadi perangkat desa murni hasil jerih payahnya sendiri tanpa intervensi dan rekayasa fihak manapun. Oleh karena gunakan kemampuan, pengabdian dengan penuh ketulusan hati, ujar camat Moh. Natsir.

Baginya menjadi perangkat desa meruapakan lahan pengabdian diri yang luasr biasa. Karena setiap saat berhadapan langsung dengan masyarakat yang memiliki karakter berbeda – beda.. Pahit, getir harus siap diterima dan tidak boleh memiliki ketersinggungan. Menjadi pelayan masyarakat seperti laut  luas yang dengan ikhlas menampung harapan, keinginan dan pengaduan warga. “ Sebagai abdi masyarakat harus banyak belajar serta menggali ilmu dari para seniornya. Agar  mampu mengembangkan kreatifitas sehingga memiliki nilai lebih untuk  melakukan trobosan kedepan” pinta camat Adiwerna.
 
Ditempat yang sama Sekdes Ali Sodikin mengungkapkan rekrutmen pernagkat desa diawali dengan pengumuman lowongan pendaftaran  secara terbuka untuk umum  tanggal 25 hingga 29 April 2019. Pendaftaran dimulai 30 April 2019 sampai dengan 6 Mei 219 dilanjut pemeriksaan berkas pesyataran calon 7 sampai 9 Mei 2019. “ Bagi pendaftar diberi kesempatan untuk melengkapi kekurangan berkas dari tanggal 10 hingga 13 Mei 2019” ujar Ali Sodikin

Lebih lanjut Ali, mengatakan pelaksanaan ujian tertulis, komputer maupun wawancara, sekaligus pengumuman hasilnya dilaksankan pada 23 Mei 2019. Sedangkan untuk pengambilan sumpah dan pelantikan perangkat desa terpilih dilaksankan 1 Juni 2019.  “ Tercatat  dari 41 pendaftar  11 gagal dan 30 dinyatakan lulus. Mereka berasal dari dalam dan luar desa Ujuyngrusi” ungkapnya

Dari 30 peserta yang dinyatakan lulus ujian diambil 3 orang berdasar ranking nilai tertinggi 1, 2 dan 3. Ditetapkan  Amal Purnomo Salim dengan nilai 92,9 diusul Makdum Efendi 91,3 dan Nuryani 90. “ Walaupun Kades memiliki hak untuk memilih diantara 30 orang yang dinyatakan lulus namun sikap bijaknya menetapkan berdasar ranking nilai urut 1, 2 dan 3” ujar Ali.  (Islamiaty)


1 komentar:

  1. Selamat buat Mas Amal, Mas Makdum, dan Mbak Nuryani. Semoga bisa menjalankan tugas sebagai abdi negara dan masyarakat dengan penuh tanggung jawab,amanah,dan ikhlas. Semoga Allah memberkati Anda bertiga. Amin Ya Robbal Alamin.

    BalasHapus