Hankam

Hankam

Akses Relokasi Puluhan Kepala Keluarga di Salem Brebes Terdampak Tanah Bergerak, Dimulai

Brebes, Radardesa.com – Puluhan warga masyarakat Desa Gununglarang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, gugur gunung membuat badan jalan menuju pemakaman desa setempat. Selasa (27/8/2019).

Tampak Kepala Desa, Daop Edi Sutrisno, bersama Babinsa setempat dari Koramil 13 Salem Kodim 0713 Brebes, Serka Wasim, memimpin 20 orang penduduk membuat jalan dengan volume panjang 275 meter dan lebar 1,5 meter, dengan menggunakan sumber anggaran Dana Desa TA. 2019.

Dijelaskan Babinsa, bahwa pendampingan karya bakti yang dilakukannya adalah sebagai motivasi kepada masyarakat.


“Kegiatan ini dimulai pada hari Senin tanggal 26 Agustus 2019. Hari ini melanjutkan kembali pekerjaan kemarin,” ucapnya.

Sementara dibenarkan Daop Edi Sutrisno, bahwa masyarakatnya sangat membutuhkan akses menuju tempat pemakaman dusun, yang sebelumnya melewati sela-sela perkebunan penduduk.

Untuk badan jalan yang dibuat, sebelumnya sudah melalui musyawarah Desa, warga yang memiliki lahan dan tanaman terdampak yang ditebang, dengan ikhlas dan menyambut baik demi kepentingan bersama. Pasalnya, walaupun pemilik kebun mengalami pengurangan 1,5 meter lahannya, namun kedepan dengan akses tersebut akan meningkatkan harga ekonomis tanah di kanan kiri jalan.

Ditambahkannya, jalan yang sedang dibangun itu, makadam Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang 535,5 meter dengan lebar 2,5 meter, ditambah jalan yang akan di makadam sepanjang 1,5 kilometer dalam pengajuan TMMD 2019.

Ini akan menjadi akses utama penduduk Dusun/Desa Cimanggu sejumlah 29 KK yang akan direlokasi pemerintah kecamatan setempat pasca bencana alam nasional tanah longsor di Desa Pasir Panjang yang menelan 18 jiwa penduduk Kecamatan Salem, pada 22 Februari 2018 lalu, dan tanah bergerak di titik Gununglarang yang mengancam penduduk tersebut.

“Saat ini ada 5 KK yang telah mendiami Dusun Cimanggu. Jika akses sudah jadi maka 29 KK lainnya yang saat ini menumpang di sanak saudara akan menyusul,” terangnya. (Aan/Red)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Akses Relokasi Puluhan Kepala Keluarga di Salem Brebes Terdampak Tanah Bergerak, Dimulai"

Posting Komentar