Hankam

Hankam

Berbagai Potensi Wisata Air Waduk Malahayu di Kabupaten Brebes

Brebes, Radardesa.com – Salah satu peran media massa di dalam pembangunan masyarakat adalah mempromosikan potensi wilayah berupa objek wisata agar dikenal umum sehingga kedepan dapat lebih meningkatkan kegiatan ekonomi demi kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.

Di Kota Bawang atau Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, salah satu potensi wisata yang menjadi kebanggaan adalah Objek Wisata Air Waduk Malahayu, dengan orbitasi 28 Kilometer dari pusat kota.


Diceritakan sekilas oleh Edi Rohadi (46) Kadus Malahayu, bahwa Waduk/Bendungan Besar Malahayu, terletak di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, dengan luas areal mencapai 944 hektar. Tak hanya sebagai irigasi lahan pertanian saja, waduk dipercaya sebagai situs yang dapat melanggengkan pernikahan dan membawa berkah dengan adanya ikan di dalamnya sebagai spot mancing pinggiran maupun dengan menyewa perahu.

“Waduk yang dibangun oleh Belanda pada 1930 silam, juga digunakan sebagai pengendalian banjir di sekitar wilayah Banjarharjo. Bagi para pengantin baru yang membasuh muka dengan air waduk, diyakini rumah tangganya akan kekal sampai hayat,” ucapnya.

Dijelaskannya juga, back ground waduk adalah pemandangan alam yang sangat indah, udara yang segar serta ditambah adanya satu bangunan Kolonial Belanda berupa instalasi pengaturan air. Di tengah waduk, ada beberapa pulau yaitu Pulau Ko-ok, Ketukul, Maud dan Pulau Sahidi.

Di bendungan ini, juga diadakan sedekah waduk saat Hari Raya Idul Fitri sebagai daya tarik tersendiri. Saat dikuras dengan air dialirkan ke Sungai Kebuyutan, Sungai Malahayu hingga ke Laut Utara Jawa di Kecamatan Tanjung, Brebes, ribuan ikan menjadi tontonan bagi para wisatawan.

Kawasan wisata juga telah dilengkapi dengan area parkir yang luas, tempat-tempat peristirahatan, kamar mandi dan toilet, tempat berkemah, akses perahu dayung dan mesin, serta wahana air bermain anak.

“Di Objek Wisata Air Lim Cadika Balsiah/BBM Waduk Malahayu, juga terdapat kolam renang untuk anak, becak air, flying bicycle, terapi ikan mas serta beragam kuliner khususnya menu ikan air tawar,” tandasnya.

Tampak Edi Rohadi, berkesempatan memberikan sambutan dalam HUT yang pertama Ikatan Jurnalis Brebes (IJB) yang digelar di Gazebo Lim Cadika Balsiah. Ia juga berkesempatan menyalurkan santunan anak yatim, jompo dan warganya yang kurang mampu, bantuan dari IJB yang diketuai oleh Haryoto. Sabtu siang (31/8/2019).

“Kami bersama pengelola objek wisata Waduk Malahayu, berharap dibantu memperkenalkan potensi wisata air ini agar dikenal umum sehingga mensejahterakan warganya,” pungkasnya yang juga mengajak kepada para pengunjung untuk selalu menjaga kebersihan serta tidak merusak lingkungan di sekitar lokasi wisata. (Aan/Red)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berbagai Potensi Wisata Air Waduk Malahayu di Kabupaten Brebes"

Posting Komentar