Hankam

Hankam

Kwarcab Brebes : Renungan Dan Ulang Janji Pramuka

Brebes, Radardesa.com - Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH memimpin Renungan dan Ulang Janji Pramuka bersama jajaran Kwartir Cabang (Kwarcab) Brebes di halaman SD N 1 Larangan. Selasa (13/8) malam.
Seketika lampu mulai dipadamkan dan suasana terasa hening. Upacara dimulai dengan dinyalakannya obor api dasa darma lalu membentuk lingkaran obor atau pelita abadi berada di tengah peserta upacara.
Bupati bertindak sebagai pembina upacara, membacakan janji pramuka diikuti semua peserta. Sesuai dengan namanya, inti upacara adalah melakukan perenungan terhadap usaha dan karya dengan mengulang pengucapan janji Tri Satya Pramuka.
Dikatakan Idza, upacara Renungan dan Ulang Janji merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Pramuka yang dilaksanakan pada malam menjelang tanggal 14 Agustus. Esok harinya, ziarah makam pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Tama Brebes. Kemudian Upacara Peringatan Hari Pramuka di SD N 1 Larangan.
"Moment ini sangatlah penting, karena lahirnya gerakan pramuka merupakan salah satu cita-cita untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa, sejalan dengan perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia," ucap Idza.
Idza berharap, peringatan Hari Pramuka ke 58 ini. Selain mengenang kembali gerakan pramuka, juga sebagai moment untuk meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan.
Usai melaksanakan upacara, dilanjutkan dengan sarasehan. Turut hadir Ketua Kwarcab 11.29 Brebes Emastoni Ezam, Camat Larangan, Danramil 16/Larangan serta pengurus majelis pembimbing cabang, mabiran, andalan, pelatih dan pembina pramuka Kwarcab Brebes. (Bayu Arfi/Wasdiun/Utsm).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kwarcab Brebes : Renungan Dan Ulang Janji Pramuka"

Posting Komentar