Babinsa Pagerbarang bantu petani mengairi sawah - RADARDESA

BREAKING

Selasa, 17 September 2019

Babinsa Pagerbarang bantu petani mengairi sawah

Pagerbarang – Dalam rangka mewujudkan swasembada pangan sekaligus mengatasi kesulitar air pada musim kemarau yang panjang yang mengakibatkan areal persawahan yang ditanami padi di Desa Pagerbarang Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal, maka Sertu Agus Sutopo Babinsa Koramil 18/Pagerbarang membantu petani mengairi sawah dengan menggunakan pompa diesel, Senin (16/09).

Sertu Agus Sutopo mengatakan bahwa sambil menunggu hujan turun perlu Upaya Khusus (upsus) untuk mempertahankan pasokan air untuk yang dibutuhkan tanaman padi, salah satu solusinya adalah pengairan diambilkan dari sumur bor atau sungai yang masih ada airnya yang ada disekitar lahan dengan cara menarik selang sepanjang puluhan meter. “Sementara kita gunakan mesin pompa untuk mengambil air dari sumur bor yang ada disekitar lahan sambil menunggu musim hujan tiba”, jelasnya.
Tanaman padi milik Dukram anggota Poktan Ngudi Sejahtera seluas ¼ Ha dengan jenis padi Mekongga saat ini dalam masa tumbuh, sehingga banyak memerlukan pasokan air, apabila kebutuhan air saat ini tidak mencukupi, dikhawatirkan akan mengakibatkan kegagalan panen, sehingga petani akan mengalami kerugian.
            Dukram menyampaikan terimakasih kepada Babinsa yang telah membantu kesulitannya maupun petani lainnya. Dia berharap agar terus dipertahankan dan ditingkatkan. “Bila kecukupan air saat masa tanam dan tumbuh padi dapat dipenuhi, maka saya berharap hasil panen juga akan sesuai dengan yang kita harapkan”, pungkasnya. (ats)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar