Babinsa Proaktif Dampingi Petani Mengairi Tanaman Padi - RADARDESA

BREAKING

Selasa, 24 September 2019

Babinsa Proaktif Dampingi Petani Mengairi Tanaman Padi



Pagerbarang - Upaya mendukung swasembada pangan di wilayah binaan, Babinsa Koramil 18/Pagerbarang Serka Muhajirin melaksanakan pendampingan pengairan lahan yang ditanami Padi di Desa Semboja Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal,Senin 23 September 2019.

Pengairan lahan seluas 0,5 hektar milik Rasjo (60) , Anggota Poktan Sumber Jaya, Warga Desa Semboja Rt 11 Rw 02 yang ditanami jenis Padi IR 64, dengan menggunakan diesel pompa air.  

Dijelaskan Babinsa Semboja,tanaman Padi umumnya ditanam di lahan basah Agar hasil panen meningkat maka dibutuhkan suplay air yang cukup bagi tanaman padi pada masa pertumbuhan dan perkembangan apalagi saat musim kemarau seperti sekarang ini.”terang Muhajirin

“Untuk mengantisipasi kekeringan pada tanaman padi akibat ketidakcukupan pasokan air terlebih di saat musim kemarau ini, maka disiasati dengan pompanisasi, dengan memanfaatkan sumur bor yang sudah tersedia di sawah atau ladang seperti yang dilakukan saat ini," ungkapnya.

Untuk mendukung dan mensuksekan swasembada pangan sesuai yang diprogramkan pemerintah, maka kita harus selalu proaktif mendampingi para petani di desa binaan guna meningkatkan produksi penen.

"Selain itu, kegiatan pendampingan ini merupakan bagian dari upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan dalam mendukung swasembada pangan di wilayah Pagerbarang,” pungkasnya. (Ast)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar