Danramil Tegal Barat hadiri Sedekah Laut Nelayan Kota Tegal Tahun 2019 - RADARDESA

BREAKING

Rabu, 18 September 2019

Danramil Tegal Barat hadiri Sedekah Laut Nelayan Kota Tegal Tahun 2019

Tegal – Bertempat di halaman KUD Karyamina Tegal Jl. Blanak No. 10 Kel. Tegalsari Kec. Tegal Barat Kota Tegal, Danramil 01/Tegal Barat Kapten Kav Mucholim menghadiri Upacara Tradisi Sedekah Laut Nelayan Kota Tegal Tahun 2019 dengan tema "Boleh Beda Alat Tangkap Nelayan, Persatuan dan Kesatuan Tetap Diutamakan" yang diselenggarakan oleh Nelayan Kota Tegal. Selasa (17/09)

Acara yang diisi dengan larung ancak berlangsung setiap tahun ini merupakan perwujudan rasa syukur nelayan Kota Tegal kepada Tuhan YME terhadap limpahan hasil tangkapan ikan nelayan Kota Tegal.

Dalam sambutannya Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono menyampaikan selamat nelayan Kota Tegal atas terselenggaranya sedekah laut yang merupakan tradisi budaya masyarakat nelayan yang rutin dilaksanakan setiap bulan muharram.

‘’Tradisi larung ancak yang dilakukan pada sedekah laut merupakan pencerminan bentuk syukur kepada Allah SWT. Dan menjadi peristiwa budaya sebagai kota bahari. Selain itu merupakan ciri khas dari negara Indonesia sebagai negara maritim dengan bermacam kearifan lokal.

Sebagai kota bahari, Kota Tegal yang berada tepat di pesisir laut jawa mengadakan larung ancak dengan harapan hasil laut tetap berlimpah,’’ ujar Walikota Tegal.

Banyak warga Kota Tegal yang menggantungkan hidup dan bermatapencaharian dari laut. Utamanya banyak yang berprofesi sebagai penangkap ikan. Hasil tangkapan nelayan berupa hasil laut cukup melimpah. Sehingga tepat jika nelayan Kota Tegal bersyukur atas karunia yang diberikan Allah SWT.

‘’Banyak wujud syukur yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari warga Kota Tegal. Misalnya untuk terus beribadah kepada Allah SWT dan bersedekah kepada masyarakat lainnya yang kekurangan, wujud syukur lainnya adalah sikap dan prilaku masyarakat Kota Tegal yang mau melestarikan alam sekitar. Karena dengan pelestarian alam lah, maka hasil laut akan senantiasa berlimpah.’’ ujar H. Dedy Yon Supriyono.

Walikota Tegal juga berharap dengan sedekah laut tersebut menjadikan ajang persatuan para nelayan yang ada di Kota Tegal, sehingga tidak ada perbedaan antara nelayan dengan jenis kapal kecil atau besar. Semua bersatu dan berharap hasil tangkapan akan berlimpah terus menerus setiap hari.

Setelah kegiatan Upacara Tradisi Sedekah Laut Nelayan Kota Tegal Tahun 2019 selesai dilanjutkan dengan larung Ancak dan sesaji di perairan laut Kota Tegal. (ats)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar