Konsep Taman Baca Anak Di Luwungragi Brebes, Ramah Anak Dan Lingkungan - RADARDESA

BREAKING

Selasa, 24 September 2019

Konsep Taman Baca Anak Di Luwungragi Brebes, Ramah Anak Dan Lingkungan

Brebes, Radardesa.com – Cita-cita sebagian warga masyarakat Desa Luwungragi, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang sadar akan literasi generasi mudanya, akhirnya terwujud lewat salah satu pemudinya, Nur Eka Wahyuni (22), wiraswasta, dengan mendirikan perpustakaan.

Taman atau tempat baca yang dinamakan Lumbung Baca Luwungragi, digagas oleh Nur Eka yang berlokasi di RT. 02 RW. 07, pada 1 Agustus 2019 lalu, sedangkan launching pada 25 Agustus 2019. Taman baca ini dikelola juga oleh pemuda desa dan sudah disahkan melalui SK oleh Kepala Desa setempat, Saryo (53).


Saat dimintai keterangan, Nur Eka menyebutkan bahwa buku yang ada di perpustakaan adalah sejumlah 1.192 buku, yang dikumpulkannya serta bantuan dari para warga setempat, sekolahan-sekolahan maupun swasta perorangan.

“Buku yang ada sekitar 1.192 buku, tapi bacaan untuk anak-anak masih sangat kurang. Setiap buku yang disumbangkan disini tercatat,” ucapnya.

Selain memerlukan buku-buku anak, pihaknya membutuhkan rak buku, komputer dan ATK, bunga untuk penghijauan taman dan tempat hidroponik sebagai edukasi lingkungan serta memancing anak untuk datang membaca.

Dirinya sudah menggagas tentang kompetisi mendongeng bagi anak, dengan maksud mendorong atau menumbuhkan rasa cinta mereka secara perlahan untuk membaca. Mereka akan lebih penasaran dengan buku-buku yang disediakan bahkan mengajak teman-teman lainnya.

“Untuk pembukuan buku, kami masih menulisnya secara manual di buku jurnal, sehingga kami sangat memerlukan komputer,” harapnya.

Sementara dibenarkan Babinsa setempat dari Koramil 07 Bulakamba Kodim 0713 Brebes, Sertu Dulkarim, bahwa konsep menumbuhkan minat baca yang ramah lingkungan ini, adalah hal yang sangat positif dan harus didukung bersama. Pasalnya, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa. Menurunnya minat baca usia dini juga sangat dipengaruhi oleh faktor kemajuan teknologi dari gadget atau android.

“Selain untuk mencerdaskan anak dan masyarakat, juga melatih manajemen pengelolaan perpustakaan bagi anggotanya,” ucapnya.

Dengan publikasi melalui media ini, diharapkan hadirnya bantuan bagi Lumbung Baca Luwungragi dalam memacu literasi Desa Luwungragi khususnya dalam menumbuhkan kebiasaan dan kecintaan akan membaca serta mempromosikan keaksaraan. (Aan/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar