Larung Sesaji Ini Simbol Alam Semesta Menyatu dengan Manusia di Desa Munjungangung Kramat - RADARDESA

BREAKING

Kamis, 05 September 2019

Larung Sesaji Ini Simbol Alam Semesta Menyatu dengan Manusia di Desa Munjungangung Kramat



Kramat - "Ritual larung sesaji ini merupakan simbol menyatunya alam semesta dengan manusia. Sebagai sarana memuji syukur pada semua bentuk Kekuasaan Tuhan," Ritual LarungS esaji, menjadi agenda tahunan yang rutin dilakukan. Selain masih diyakini akan mendatangkan berkah bagi warga yang sebagian besar sebagai nelayan di Desa Munjungangung Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal.Kamis (5/9)

Kegiatan ini  Diruwat serta dimeriahkan oleh Pagelaran Wayang Kulit oleh Ki Dalang Sigit dari Banyumas.

Tradisi Larung Sesaji/Sedekah Laut dihadiri Kepala Dinas KPP Kabupaten Tegal,  Dinas Pariwisata Kabupaten Tegal, Camat Kramat Wuryanto,S.E.,Danramil 06/Kramat Kapten Czi Suharto, Kapolsek Kramat AKP Edi Riyanto,S.H.,Kepala Desa Munjungangung Jaenal,Tomas,Toga dan Warga Masyarakat.


Dalam Sambutannya Camat Kramat mengatakan,Ucapan terima kasih kepada panitia Sedekah Laut Desa Munjungagung yang telah melaksanakan tradisi ini setiap tahunya di tempat TPI Larangan Desa Munjungagung,”ucap Wuryanto.

Dalam kegiatan ini semoga kedepannya para nelayan dalam mencari ikan di laut bisa mendapatkan hasil tangkapannya lebih bagus lagi dari tahun kemarin sehingga kehidupan tingkat ekonominya akan lebih maju.”harapnya.

Wuryanto juga menghimbau kepada semua warga desa munjungagung,agar Tradisi Larung Sesaji/Sedekah Laut supaya dapat dipertahankan secara terus menerus, tetap dilestarikan kepada keturunan atau cucu kita,sehingga pantai Larangan ini tetap terjaga untuk mencari penghasilan khususnya para nelayan supaya bisa membawa berkah serta diberikan keselamatan ketika mencari ikan dilaut.”himbau Camat.

Dan jangan lupa utamakan Faktor keamanan ketika pelaksanaan larung sesaji di tengah laut nanti,dari berangkat sampai kembalinya lagi semua yang ikut melarung aman dan selamat semua.”tutup Camat Kramat.(Ast)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar