Orang Brebes Di 17 Kecamatan, Lakukan Aksi Pungut Dan Bersihkan Sampah - RADARDESA

BREAKING

Sabtu, 21 September 2019

Orang Brebes Di 17 Kecamatan, Lakukan Aksi Pungut Dan Bersihkan Sampah

Brebes, Radardesa.com – Ribuan orang di 17 Kecamatan di Kabupaten Brebes, melakukan aksi pungut sampah dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh hari ini. Sabtu (21/9/2019).

Tua-muda bahkan anak-anak, pelajar, bersama TNI-Polri serta segenap unsur, Ormas maupun masyarakat, bekerja bakti membersihkan sampah di lingkungan jalan, desa serta saluran irigasi.

Dikutip dari Tribunnews.Com, bahwa gagasan HPSN muncul dari desakan sejumlah pihak untuk mengenang tragedi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat (21/2/05) lalu, yang menewaskan orang lebih dari 157 jiwa, akibat tumpukan sampah di TPA tersebut memicu ledakan gas metana saat curah hujan tinggi. Dua perkampungan warga yaitu Cilimus dan Pojok, hilang dari peta akibat tertimbun longsoran sampah.


Saat ini, sampah khususnya plastik telah menjadi polemik masyarakat global. Kantong plastik menyumbang hampir 50 % sampah plastik. Menyikapi hal inilah, aksi bersih-bersih massal di Brebes dilakukan.

Selain itu, di Halaman Kantor KUA Brebes juga dilakukan deklarasi Peraturan Bupati (Perbup) No. 57 tahun 2019, tentang pengurangan sampah plastik di Kota Bawang. Bupati, Hj. Idza Priyanti, SE, MH, memimpin jalannya apel yang diikuti jajaran Forkopimda, para Kepala SKPD, Muspika Brebes, aktivis lingkungan serta pelaku usaha dari Indomaret, Alfamart dan Sarimulya.

Bupati mengajak, untuk ikut menyelamatkan bumi dengan tidak membuang sampah khususnya plastik sembarangan karena sangat sulit terurai.

“Hari Peduli Sampah Nasional dan World Cleanup Day, tidak terkait dengan politik atau kepentingan pribadi maupun golongan, tetapi langkah mulia penyelamatan bumi secara global,” ucapnya.

Idza mengajak untuk bersama-sama berkomitmen menjaga bumi dengan melaksanakan tiga hal, yaitu membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan plastik dan menjaga kebersihan.

Sementara jangka panjang dari Perbup ini adalah untuk mengubah perilaku masyarakat terhadap kelestarian lingkungan melalui diet plastik. Kedepan dengan niat dan ketulusan, diharapkan Brebes dan Indonesia umumnya, tidak ditemui sampah plastik di sembarangan tempat. (Aan/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar