Serka Muhajirin bantu petani melaksanakan penyemprotan padi - RADARDESA

BREAKING

Jumat, 13 September 2019

Serka Muhajirin bantu petani melaksanakan penyemprotan padi

Pagerbarang – Perawatan tanaman padi merupakan kegiatan yang harus dilalui oleh para petani dalam suatu masa tanam. Perawatan tersebut bertujuan agar padi dapat tumbuh maksimal dan terhindar dari serangan hama ataupun penyakit tanaman lainnya.
  
Agar supaya tanaman padi tidak terserang hama penyakit sehingga sejak umur padi 1 bulan harus dilaksanakan pemeliharaan. Dalam rangka Upsus Swasembada Pangan Serka Muhajirin Babinsa Koramil 18/Pagerbarang melaksanakan pendampingan upsus penyemprotan padi di sawah milik Subadi Desa Semboja Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal, Kelompok tani Suralaya dengan varietas padi IR 46 di lahan seluas 1/4 Ha. Kamis (12/09)
Penyemprotan dilaksanakan untuk pengendalian hama pada padi. Penyemprotan mengunakan Fungisida Benlate T20/20WP Atau Delsane MX 200 Untuk pencegahan penyakit busuk pelepah daun padi, penyebab jamur RH 120 CTONIA SP, dengan gejala menyerang daun padi dan pelepah pohon tanaman padi, gejala terlihat pada tanaman yang telah membentuk anakan dan menyebabkan jumlah dan mutu panen gabah menurun.
Di tempat terpisah, Danramil 18/Pagerbarang Kapten Cpm Idi Saidi mengungkapkan, pendampingan yang dilakukan Babinsa merupakan upaya khusus dalam membantu petani mewujudkan pencapaian swasembada pangan. "Dalam pendampingan ini tentunya para Babinsa selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Petugas Balai Penyuluh Pertanian (BPP), PPL dan Poktan setempat sehingga apabila terdapat kendala dapat diatasi dengan segera”, jelasnya.
Diharapkan dengan ikut sertanya Babinsa membantu mendampingi petani dalam penyemprotan hama tananman padi tersebut akan dapat meringankan dan memberikan semangat kepada petani sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil panen nantinya. (ats)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar